BanjarmasinPost/

Travel

Inilah 6 Tempat Favorit Para Pelancong Kalau Singgah ke Banjarmasin

Bila Anda pertama kali mengunjungi "Kota Seribu Sungai" ini maka wajib mendatangi 6 destinasi wisata di bawah ini.

Inilah 6 Tempat Favorit Para Pelancong Kalau Singgah ke Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/hari widodo
Pesona Banjar Festival yang digelar 2015 di Desa Lok Baintan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pariwisata Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan perlahan-lahan mulai tumbuh, berbenah dan menjadi alternatif pelancong berwisata di Kalimantan.

Bila Anda pertama kali mengunjungi "Kota Seribu Sungai" ini maka wajib mendatangi 6 destinasi wisata di bawah ini.

1. Pasar Terapung di Lok Baintan

Jika di tempat lain pasar berada di darat, maka di Kalimantan, pasar penduduk justru berada di atas sungai. Di Banjarmasin, dinamakan pasar terapung. Salah satunya di Sungai Martapura.

Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung Lok Baintan (banjarmasinpost.co.id/yayu)

Pembeli dan pedagang berada dalam perahu masing-masing. Transaksi pun berlangsung di atas perahu. Penjual dan pembeli sama-sama digoyang riak sungai. Asyik!

Pasar terapung ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar. Barang dagangan berupa hasil bumi dan kebun yang dibawa penduduk dari hulu mudah dibawa menggunakan perahu.

Pedagang pasar terapung didominasi perempuan dengan memakai tutup kepala yang dinamakan tanggui. Sementara para laki-lakinya pergi bertani di pagi hari.

Mereka menjual berbagai dagangan seperti sayur mayur, buah-buahan, kue-kue tradisional. Saat ini diperkirakan jumlah perahu pedagang mencapai 70-100 perahu.

Untuk menuju pasar terapung Lok Baintan, wisatawan wajib berangkat sebelum matahari terbit menggunakan perahu kelotok sekitar 40 menit dari Kota Banjarmasin. Pasar terapung ini beroperasi mulai pukul 06.00 hingga 08.00.

2. Museum Wasaka

Halaman
1234
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help