Berita Martapura

Petugas Temukan Ikan Asin Berformalin di Pasar Martapura, Ternyata Berasal dari Sini

Petugas melakukan coaching clinic kesehatan dan mutu hasil perikanan di Pasar Martapura. Juga digelar pemeriksaan formalin produk dan komoditi

Petugas Temukan Ikan Asin Berformalin di Pasar Martapura, Ternyata Berasal dari Sini
Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan
Petugas melakukan Coaching clinic kesehatan dan mutu hasil perikanan di Pasar Martapura. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Petugas meluncur dari kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) Kelas II Banjarmasin di Jalan A Yani Km 29,4, Guntung Manggis Banjarbaru, Rabu (3/5/2017).

Petugas melakukan coaching clinic kesehatan dan mutu hasil perikanan di Pasar Martapura. Juga digelar pemeriksaan formalin produk dan komoditi perikanan di Pasar Martapura.

"KKP melalui Balai KIPM Kelas II Banjarmasin dalam rangka bulan bakti, melaksanakan coaching klinik kesehatan dan mutu hasil perikanan berupa uji bebas formalin, bahaya salmonella dan histamin pada produk perikanan," ucap kepala Balai KIPM Kelas II Banjarmasin Hasim.

Diikuti para pedagang dan pembeli di Pasar Bauntung Batuah Martapura, kegiatan merupakan hasil kerja sama BKIPM dengan PD Pasar Bauntung Batuah Kabupaten Banjar.

Hasil uji bebas formalin yang telah dilakukan menunjukkan, untuk jenis ikan segar seperti peda, selar, cumi-cumi, sotong, udang galah dan udang sungai hasilnya negatif.

Sedangkan untuk jenis ikan olahan ikan kering atau asin sepat, haruan, sepat siam, biawan, kepala batu, selungsungan, tambakan menunjukkan hasil negatif formalin. "Sedangkan hasil positif formalin ditemukan pada jenis ikan kembung asin. Dari hasil traces (ketelusuran berdasarkan wawancara), ikan asin kembung yang positif berasal dari produksi pulau Jawa," tegas Hasim.

Coaching klinic yakni sosialisasi keamanan pangan khususnya mutu produk perikanan sekalian melakukan uji bebas formalin. Hasim mengatakan untuk itu perlu kembali peningkatan kesadaran masyarakat dalam keamanan dan mutu produk perikanan ditingkatkan.

"Diharapkan kegiatan sejenis lintas instansi secara berkala dilakukan dalam rangka peningkatan pengawasan keamanan pangan khususnya produk perikanan di kalimantan selatan," katanya .

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help