Berita Banjarmasin

Aktivitas Siswanya Tercurah Kegiatan Positif, Kepsek SMAN 7 Banjarmasin ini Punya Cara Ampuh

SMAN7 Banjarmasin, punya cara jitu untuk mengarahkan energi ratusan siswanya agar banyak tercurah pada kegiatan-kegiatan positif.

Aktivitas Siswanya Tercurah Kegiatan Positif, Kepsek SMAN 7 Banjarmasin ini Punya Cara Ampuh
BANJARMASINPOST.CO.ID/EDI NUGROHO
Kepala Sekolah SMAN 7 Banjarmasin, Arusliadi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - SMAN7 Banjarmasin, punya cara jitu untuk mengarahkan energi ratusan siswanya agar banyak tercurah pada kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya, memberikan fasilitas kegiatan ekstra kurikuler yang cukup padat.

"Kita harapkan anak-anak SMA itu habis waktunya dengan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah," kata Kepala Sekolah SMAN7 Banjarmasin, Arusliadi.

Dikatakannya, saat ini anak-anak SMAN7 Banjarmasin sampai sore hari masih asyik dengan kegiatan ekstrakulernya. Dengan demikian, maka anak-anak SMAN 7 akan terkurangi waktu untuk hal-hal yang kurang baik.

"Kita juga rutin melakukan pembinaan mental dan spiritual untuk anak," tegasnya.

Lebih lanjut Aruslaini mencontohkan setiap hari Jumat itu banyak kegiatan seperti Jumat bersih, Jumat Taqwa dan Jumat Seni serta Jumat Sehat. Untuk pembicara dari Jumat Taqwa itu dari anak-anak SMAN7 Banjarmasin yang dibimbing dari kelompok studi islam (KSI).

"Anak-anak kita coba latih untuk berbicara di depan umum dan percaya diri dalam Jumat Taqwa itu," ujarnya.

Untuk anak usia SLTA, sambungnya, perlu menggunakan pendekatan tarik ulur. Anak-anak perlu diberi kebebasan, namun jika sudah melakukan hal-hal yang kurang baik, maka harus diberikan bimbingan.

Di era tehnologi dan digital saat ini, sambungnya, jelas tak bisa dihindari. Anak-anak SMAN7 boleh saja memegang gagdet dan smartphone, namun dalam tetap kendali dan juga pengawasan sekolah.

"Gagdet tak selamanya negatif. Kadang anak-anak kita minta untuk mencari referensi tambahan materi dari internet dengan menggunakan gagdet dan smartphone," tegas Arusliadi.

Pihaknya tak henti-hentinya memberikan bimbingan dan penyadaran kepada siswa untuk menggunakan tehnologi informasi dengan benar dan tidak menggunakan ke hal-hal negatif.

Internetpun diupayakan sekolah untuk mendukung proses belajar dan mengajar saat ini.
Dijelaskannya, saat ini SMAN7 Banjarmasin penggunakan pendekatan penyadaran ke anak untuk menggunakan tehnologi informasi dengan benar. Dari bahan internet, kadang juga bahan untuk diskusi di sekolah dan pengayaan materi di sekolah. (*)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved