BanjarmasinPost/

Serambi Ummah

Membersihkan Diri Sebelum Memasuki Ramadan

Sebaiknya di bulan Syaban ini kita banyak melakukan pembersihan diri agar saat memasuki Ramadhan kita dalam keadaan bersih dan nyaman melaksanakan ib

Membersihkan Diri Sebelum Memasuki Ramadan
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
(Ilustrasi) Masjid Raya Nurul Falah Tapin dipenuhi jemaah yang melaksanakan peribadatan malam Nisfu Syakban 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebaiknya di bulan Syakban ini kita banyak melakukan pembersihan diri agar saat memasuki Ramadhan kita dalam keadaan bersih dan nyaman melaksanakan ibadah.

Apa dan bagaimana amalan yang dilakukan untuk membersihkan diri? Pemaparan Prof Dr H Asmaran AS MA, dosen UIN Antasari Banjarmasin berikut ini semoga bisa menjadi rujukan bagi kita.

"Perbanyak ke majelis taklim, ini salah satu cara membuka jalan ke arah lebih baik. Ibarat jendela, jika dibuka akan masuk cahaya dan udara segar. Tercerahkanlah kita dalam kehidupan ini," jelasnya.

Langkah berikutnya adalah pembersihan hati atau taubat. Supaya Ramadhan kita berjalan baik, diampuni Allah SWT, maka hendakanya kita memperbanyak taubat. Ibarat padi, dibersihkan dulu sebelum dibawa ke rumah.

"Kadang kita tidak merasa telah melaKukan dosa. Baik dosa kepada Allah SWT maupun dosa kepada manusia. Ada dosa mata, dosa telinga, dosa mulut yang tidak terasa."

"Dosa itu seperti debu, kadang susah dihindari, tapi lama-lama menumpuk dan susah dibersihkan. Kalau dosa besar maka pembersihannya diproses dengan taubat, silakan shalat taubat."

"niat dalam hati dua rakaat. Memang ada ayat khusus, tapi kalau tidak bisa silakan dengan surah atau ayat yang lain. Lakukan di malam afdhal, yaotu malam Jumat. Bisa pula hari biasa setelah Maghrib."

Selain shalat taubat adakah cara lain?

"Ada. Cara yang relatif ringan adalah sebagaimana hadits nabi bahwa perbanyaklah beristighfar. Minimal sehari 70 sampai 100 kali."

"Astaghfirullahaladzim atau bisa ditambah Astaghfirullahaladzim waatubuilaihi. Ini bisa dikerjakan semua orang, setiap hari, pagi atau sore."

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help