BanjarmasinPost/

Kriminalitas Banjarmasin

Sita 2 Kg Sabu Disembunyikan di Bagasi, Tim Gabungan BNN dan Polda Kalsel Bongkar Dinding Mobil

Memanfaatkan sebuah mobil Avanza baru nopol D 1440 XGA, narkoba jenis sabu coba dikirim lewat Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Jumat (28/4) silam.

Sita 2 Kg Sabu Disembunyikan di Bagasi, Tim Gabungan BNN dan Polda Kalsel Bongkar Dinding Mobil
Halaman 1 Metro Banjar Edisi Kamis (4/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN  - Berbagai modus dilakukan pengedar untuk menyelundupkan narkoba, termasuk menyembunyikannya di dalam bodi mobil. Namun berkat ketelitian petugas gabungan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan serta Direktorat Narkoba Polda Kalsel, upaya penyelundupam bisa digagalkan.

Memanfaatkan sebuah mobil Avanza baru nopol D 1440 XGA, narkoba jenis sabu coba dikirim lewat Pelabuhan Trisakti, Banjarmasin, Jumat (28/4) silam.

Awalnya petugas sempat kesulitan menemukan barang terlarang saat menggeledah mobil baru itu. Namun sekian lama petugas tak menemukan barang terlarang, kecurigaan petugas barang disembunyikan di dalam sisi belakang mobil (bagasi). Petugas pun terpaksa membongkar bodi bagian belakang mobil.

Dan kecurigaan terbukti, ternyata terdapat 12 paket besar sabu dengan berat sekitar 2 kilo sehingga langsung dilakukan pengembangan. "Kita sempat bongkar sisi mobil itu dan memang ternyata ada 12 paket sabu," papar seorang petugas.

Mobil Avanza yang dikemudikan Umboro (38) warga Jalan Bapuyu Blok F, Bukit Tunggal Palangkaraya, Kalteng tersebut, langsung diamankan petugas.

Bersama Umboro, petugas kemudian melakukan pengembangan ke Jalan Kamboja dan Jalan Hasan Basri dan Kelayan.

Kapolda Brigjen Pol Rachmat Mulyana bersama Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Marsauli Siregar mengungkapkan, penangkapan ini dilakukan oleh tim gabungan. "Berawal adanya informasi ada barang terlarang yang akan masuk dari Surabaya dan kita telusuri," papar Rachmat, Rabu (3/5).

Menurut Rachmat saat itu pihaknya mencurigai sebuah Avanza baru dari Surabaya yang tiba ke pelabuhan pada Jumat (28/4) sekitar pukul 02:00 Wita.

Begitu dilakukan penggeledahan dan ditemukan 12 paket besar sabu, sehingga penyidikan pun dikembangkan.

Setelah sempat beputar-putar, pelacakan petugas mengarah ke rumah saudara Umboro yakni Iwan Setiawan (39) yang tinggal di Jalan Kelayan A Gang Warga RT 1, Banjarmasin Selatan. Saat dilakukan penggeledahan di rumah Iwan petugas kembali menemukan dua paket besar sabu seberat 148,25 gram. "Total kita temukan sabu 14 paket dengan berat 2.186,05 gram (2,1) kilo," ucap Rachmat.

Dengan asumsi harga sabu per gram sekitar Rp 2,5 juta maka nilai sabu itu memcapat sekitar Rp 5 miliar. "Kita selamatkan 10 ribu pengguna di sabu di Banjarmasin," ucap Rachmat yang dibenarkan Marsauli. (dwi)

Baca Lengkap di Harian Metro Banjar Edisi Kamis (4/5/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help