Ekonomi dan Bisnis

BI: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Stabilitas Politik

"Aktivitas ekonomi bergantung pada stabilitas politik dan sosial," kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (5/5/2017)"

BI: Pertumbuhan Ekonomi Perlu Stabilitas Politik
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat sebesar 5,01 persen pada kuartal I 2017. Angka tersebut masih sejalan dengan kisaran target yang dipatok oleh Bank Indonesia (BI), yakni 5 sampai 5,4 persen pada tahun ini.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara memandang secara keseluruhan capaian pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2017 sudah baik. Akan tetapi, ia juga menyoroti pentingnya stabilitas politik dalam mendukung kegiatan ekonomi.

"Aktivitas ekonomi bergantung pada stabilitas politik dan sosial," kata Mirza di kantornya di Jakarta, Jumat (5/5/2017). Oleh sebab itu, imbuh Mirza, dirinya berharap eforia demokrasi yang ada saat ini tidak mengganggu gairah investasi.

Pasalnya, investor yang menanamkan modalnya di Indonesia juga mempertimbangkan kondisi politik yang mendukung kegiatan perekonomian.

Selain stabilitas politik, hal lain yang perlu diperbaiki adalah kemudahan izin usaha. "Usaha kita bersama untuk mempermudah izin harus terus dilakukan. Tenaga kerja akan terserap bila kegiatan usaha meningkat," tutur Mirza.

Oleh sebab itu, Mirza menyatakan pentingnya upaya pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mempermudah izin usaha terus dijalankan.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help