Berita Banjarmasin

Harga Ayam Potong Naik, Ini Kata Kadis Peternakan

Pedagang ayam di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Silmawati mengatakan, harga ayam mengalami kenaikan sejak dua minggu terakhir

Harga Ayam Potong Naik, Ini Kata Kadis Peternakan
net
ilustrasi ayam potong 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Harga ayam potong di Banjarmasin mulai mengalami kenaikan. Harga ayam potong normalnya kisaran Rp 17.000 per kilogram, kini di tingkat pedagang dijual mulai Rp 21.000 sampai Rp 24.000 per kilogram.

Pedagang ayam potong dan telur di Pasar Jahri Saleh Banjarmasin, Tri mengatakan, harga ayam memang mengalami kenaikan antara Rp 2.000 sampai Rp 4.000 per kilogram. Harga per ekor kini rata-rata menjadi Rp 35 ribu, tetapi itu pun menyesuaikan beratnya.

Tidak hanya ayam potong, telur ayam ras pun juga mengalami kenaikan. Yakni rata-rata Rp 1.000 per kilogram, harga dari Rp 21.000 kini menjadi Rp 22.000 per kilogram.

"Walau kenaikan tidak drastis, hendaknya ada operasi pasar supaya harga stabil. Kenaikan harga ini terjadi setiap tahun jelang memasuki bulan puasa, kisaran kenaikannya bervariasi," ucap pria yang juga sebagai Kepala Pasar Jahri Saleh itu, Jumat (5/5/2017).

Pedagang ayam di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin, Silmawati mengatakan, harga ayam mengalami kenaikan sejak dua minggu terakhir, sekarang harga Rp 22.000 per kilogram sampai Rp 23.000. Kenaikan ini karena ayam kosong.

"Pasokan ayam dari Basirih dan ada juga dari Pelaihari kalau ayam hidup. Kira-kira akan naik lagi, karena informasi yang didapat bibit tidak ada," katanya.

Anehnya, Kepala Dinas Peternakan Kota Banjarmasin, Lauhem Mahfuzi mengaku tidak mengetahui persis. Dia menerima laporan dari anak buahnya bahwa harga ayam memang berfluktuasi.

"Ada staf saya selalu memantau ke pasar-pasar dan bersama dengan dinas perdagangan serta Balai POM. Kata anak buah saya, harga sekarang berfluktuatif," pungkasnya.

Sebelumnya, Lauhem Mahfuzi ketika dikonfirmasi terkait stok bawang putih di Banjarmasin, dirinya juga mengaku tidak mengetahui persis. Alasannya, akan mengordinasikan dengan bidang yang menanganinya.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help