BanjarmasinPost/

Uzbekistan, Jalur Sutra di Asia Tengah

Reghistan Square, dengan bangunan semacam gapura dan pilar-pilar tinggi, berdiri megah menyambut wisatawan.

Uzbekistan, Jalur Sutra di Asia Tengah
shutterstock
Area Registan di Samarkand, Uzbekistan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Reghistan Square, dengan bangunan semacam gapura dan pilar-pilar tinggi, berdiri megah menyambut wisatawan. Gapura dan pilar dengan hiasan motif berwarna biru dan kuning itu bisa dibilang alun-alun tercantik di dunia.

Terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Reghistan Square adalah salah satu situs wisata andalan kota Samarkand. Situs ini seolah mengucap, ”Selamat Datang di Uzbekistan”.

Itu salah satu destinasi wisata yang disuguhkan dalam tayangan video Kementerian Pariwisata Uzbekistan yang dipresentasikan Ketua Komite Nasional Pengembangan Pariwisata Republik Uzbekistan Anvar Sharapov, di Jakarta, Senin (1/5/2017).

Menurut Sharapov, Uzbekistan — yang juga merupakan jalur sutra di Asia Tengah — memiliki banyak potensi pariwisata. Presiden baru Uzbekistan, Shavkat Mirziyoyev, menyadari potensi besar itu.

Banyak tempat wisata religius atau tempat suci untuk kaum Muslim dan agama lain, seperti Buddha, yang bisa dikunjungi di Uzbekistan.

Yang menarik, seperti di Indonesia, populasi di Uzbekistan sangat beragam. Ada 100 etnik atau suku bangsa yang hidup di sana. Sebanyak 88 persen warga Uzbekistan adalah penganut Islam Sunni, sisanya adalah penganut Kristen, Katolik, Buddha, Yahudi, dan lain-lain.

Kedatangan Sharapov, yang juga Menteri Pariwisata Uzbekistan, menjalin kerja sama dengan agen-agen perjalanan di Indonesia guna promosi wisata ziarah di Uzbekistan berkaitan dengan sejarah Islam.

”Saya akan menyambut langsung turis-turis Indonesia yang akan berkunjung ke Uzbekistan setelah bulan Ramadhan nanti. Rombongan turis Indonesia akan menyewa pesawat menuju Uzbekistan,” kata Sharapov.

Maskapai Uzbekistan Airways baru mempunyai jalur penerbangan terdekat dengan Indonesia melalui rute Tashkent ke Kuala Lumpur, Malaysia, dan Singapura.

Menurut Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia Shavkat Jamolov, kini sedang diupayakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Tashkent.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help