BanjarmasinPost/

Bomber Rusia Dikawal Sukhoi 35 Mendekati Alaska, Amerika Kerahkan Pesawat Siluman, Ini Yang Terjadi

Militer Beruang Merah menguji sistem pertahanan Amerika Serikat dengan mengirimkan flight pembom jarak jauh Tu-95 mendekati perbatasan Amerika Serikat

Bomber Rusia Dikawal Sukhoi 35 Mendekati Alaska, Amerika Kerahkan Pesawat Siluman, Ini Yang Terjadi
net
Pesawat A-50U AEW Rusia dikawal jet tempur sukhoi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Seiring proses modernisasi militer Rusia yang semakin menggeliat, Rusia pun kembali ke kebiasaan lamanya.

Militer Beruang Merah menguji sistem pertahanan Amerika Serikat dengan mengirimkan flight pembom jarak jauh Tu-95 mendekati perbatasan Amerika Serikat dari arah Utara.

Pada masa Perang Dingin, rute ini sangat populer digunakan Rusia. Biasanya F-4 Phantom ataupun F-15 Eagle akan diperintahkan scramble untuk melakukan pencegatan.

Namun dalam penerbangan pada 3 Mei 2017 tersebut ada yang sangat berbeda. Tu-95MS Bear dikawal oleh dua pesawat tempur terbaru Rusia, Su-35S (NATO: Flanker-E), dengan payung radar dari pesawat AWACS AU Rusia, A-50 Mainstay.

Sebelumnya Rusia tak pernah mengirimkan pesawat tempur terbarunya yang sering disebut superfighter dan mampu melayani pesawat tempur Gen.5 tersebut.

Tampaknya Rusia sangat penasaran dengan latihan bersama Northern Edge yang memang tengah dijalankan AU AS di bawah komando ALCOM (Alaska Command).

Komando Pertahanan Amerika Utara (NORAD) segera bereaksi, dengan memberikan vektor penerbangan gelap dari Rusia kepada sepasang F-22 Raptor yang tengah berpatroli di atas wilayah Chariot, Alaska.

Kedua pesawat tempur siluman menerima komando dari E-3 Sentry yang juga tengah mengangkasa.

F-22 berhasil melakukan identifikasi visual atas Tu-95 dan Su-35 pengawalnya, dan mendapati kedua Super Flanker tidak menggotong senjata apapun di bawah badan ataupun sayapnya.

Setelah terbang berdamping-dampingan, akhirnya ‘rombongan sirkus’ Rusia berbalik arah kembali ke wilayah udara internasional, sebelum mendekati garis perbatasan Amerika Serikat. F-22 pun kembali ke pangkalannya.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help