Ekonomi dan Keuangan

Darmin: Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di 2017, Ini Elemen Pendorongnya

"Kalau tahun lalu 5,02%, tahun ini kami perkirakan 5,2% sampai 5,3%," kata Darmin di kantor Kementerian Koordinator

Darmin: Pertumbuhan Ekonomi 5,3% di 2017, Ini Elemen Pendorongnya
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang 2017 dapat mencapai 5,3%.

"Kalau tahun lalu 5,02%, tahun ini kami perkirakan 5,2% sampai 5,3%," kata Darmin di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (5/5).

Ia menjelaskan elemen yang mampu menjadi pendorong proyeksi pertumbuhan tersebut di antaranya ekspor, impor, investasi, dan konsumsi rumah tangga. Darmin mengatakan, dari sisi penerimaan negara juga perlu didorong agar pengeluarannya dapat kemudian berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia pada triwulan I-2017 tumbuh sebesar 5,01% year on year (yoy) atau tumbuh lebih baik dari periode tahun sebelumnya. "Ini sedikit di bawah perkiraan saya. Tetapi triwulan I-2017 lebih baik dari triwulan I tahun lalu, tetapi kami sebetulnya ingin sedikit lebih dari itu," kata Darmin.

Pertumbuhan triwulan I-2017 sebesar 5,01% tersebut lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang tercatat 4,92%.

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help