Seputar Kaltim

Gagal Mengobservasi Masalah Ekonomi? Begini Akibatnya bagi Kalimantan Timur

Krisis yang melanda Kalimantan Timur, berikut defisit, dan pertumbunan ekonomi yang paling jeblok se-Indonesia dinilai tidak lepas dari kegagalan Pemp

Gagal Mengobservasi Masalah Ekonomi? Begini Akibatnya bagi Kalimantan Timur
ISTIMEWA vis tribunkaltim.co
Urun rembug garapan Badko HMI Kaltim-Kaltara bertema "Anda Tau Apa Soal Kaltim" berforo bersama di caafe Double Dipps, Bukit Alaya Samarinda, Kamis (4/5/2017). Dikusi kali ini terutama untuk mengetahui pandangan kalangan media dan akademisi terhadap permasalahan di Kaltim, jelang Pilgub Kaltim 2018. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Krisis yang melanda Kalimantan Timur, berikut defisit, dan pertumbunan ekonomi yang paling jeblok se-Indonesia dinilai tidak lepas dari kegagalan Pemprov Kaltim dalam mengobservasi masalah.

Ini juga cermin dari kegagalan pemerintah dalam melakukan transformasi ekonomi yag sudah dicanangkan sejak 2009.

Demikian benang merah diskusi bertema "Anda Tau Apa Soal Kaltim" yang digelar Badan Koordinasi Himpunnan Mahasiswa Islam (Badko HMI) Kaltim-Kaltara di cafe Double Dipps di Jalan Bukit Alaya, Samarinda, Kamis (4/5/2017).

Chairil Anwar alias Cody, pengamat ekonomi Fekon Unmul, menyampaikan tanggapannya dalam diskusi di cafe Double Dipps, Bukit Alaya, Samarinda.

Chairil Anwar alias Cody, pengamat ekonomi Fekon Unmul, menyampaikan tanggapannya dalam diskusi di cafe Double Dipps, Bukit Alaya, Samarinda.

Diskusi menghadirkan pandangan insan media seperti Pemred Koran Kaltim Desman Minang, Achmad Bintoro (Tribun Kaltim), Felanans Mustari (Kaltim Pos), dan dipandu Arrahman Amin (Pemred Samarinda Pos).

Juga akademisi, Chairil Anwar (Fekon Unmul), Sony Sudiar (Fisipol Unmul), Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Farid Wadjdy, serta tokoh pemuda Muhammad Barkati yang juga Ketua Kopasti Gepak Kaltim.

"Masalah besar kita di Kaltim ini, dari provinsi hingga kabupaten kota, adalah ketidakmampuan mengobservasi. Akibatnya gagal dalam mendiagnosis dan memformulasikan masalah yang dihadapi. Pada akhirnya gagal pula dalam mencarikan solusi," kata Chairil Anwar yang akrab disapa Cody.

Kaltim menurutnya satu-satunya provinsi yang mengalami keterpurukan ekonomi di Indonesia.

Satu-satunya daerah yang masih mengalami krisis, justru ketika daerah lain tumbuh baik. Dan ini merupakan akumulasi dari persoalan-persoalan lama yang tidak segera diatasi, yang masih saja menggantungkan harapan pada ekonomi berbasis sumberdaya alam.

Halaman
1234
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help