Semarak Dialektika Sastra Palnam, Barbary Senang Karyanya Dikritik

Selain sastrawan dan pegiat budaya literasi, kegiatan ini juga dihadiri pelajar dan mahasiswa, serta para penikmat sastra-budaya dan masyarakat umum.

Semarak Dialektika Sastra Palnam, Barbary Senang Karyanya Dikritik
banjarmasinpost.co.id/salmah
Dialektika Sastra Palnam di Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Banjarmasin, Sabtu (6/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dialektika Sastra Palnam yang digelar di beranda depan Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalsel, Jumat (5/5) malam yang dihadiri sastrawan dan pegiat budaya Kalsel, berjalan lancar.

Hadir dari Balangan; Fahmi Wahid dan Rezqie Al-Fajar, Kab Banjar; Abu Fadhil, Batola; Ahmad Azhar, Banjarbaru; HE Benyamine, Yulian Manan, Sandi Firly, Randu dan lainnya.

Selain sastrawan dan pegiat budaya literasi, kegiatan ini juga dihadiri pelajar dan mahasiswa, serta para penikmat sastra-budaya dan masyarakat umum lainnya.

Iberamsyah Barbary yang karya-karyanya dibaca dan dibicarakan, merasa sangat bahagia dapat menyaksikan karyanya dibacakan, dikritik serta diapresiasi sedemikian rupa oleh banyak kalangan yang hadir.

"Selama kurang lebih 50 tahun sejak awal saya menulis, baru kali ini saya merasa dan menyaksikan orang-orang mengapresiasi karya saya seperti malam ini. Saya berterima kasih pada semuanya, saya sangat menikmatinya dan merasa sangat senang," tutur Iberamsyah.

Dialektika Sastra Palnam di Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Banjarmasin.
Dialektika Sastra Palnam di Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Banjarmasin. (banjarmasinpost.co.id/salmah)

Begitu pula yang diungkapkan Syarif Hidayatullah. "Sebagai penyair muda yg baru saja hadir dalam dunia sastra, saya merasa senang dan bangga dapat dipanggung seperti ini."

Selain penyair tua dan muda, serta pembaca awam lainnya, karya kedua orang penyair ini juga dikomentari, dibicarakan oleh budayawan dan sastrawan HE Benyamine dan Ali Syamsuddin Arsi dari Banjarbaru.

Sementara Komunitas Lentera Sastra dari prodi Pendidikan Sendratasik ULM menghadirkan tiga musikalisasi puisi.

Acara sederhana namun meriah yang dimulai pukul 20.45 dan berakhir 00.00 Wita ini juga dihadiri pegiat literasi dari Kab Kapuas, Kalteng yang membacakan karya penyair Iberamsyah Barbary.

Acara ini, kata penyair Micky Hidayat yang merupakan koordinator kegiatan, insya Allah akan terus hadir setiap bulan dengan dukungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Kalsel.

Kabid Pelayanan dan Pembinaan M Helfiannor MSi yang akrab dipanggil Pepeng, menyatakan pihak perpustakaan senang dengan kegiatan ini yang turut meramaikan kegiatan literasi di perpustakaan.

"Kami sangat mendukung kegiatan semacam ini, dan kami juga berharap rekan-rekan dapat menjadi anggota perpustakaan. Kami baru saja melakukan perbaikan-perbaikan dalam pelayanan dan berharap akan dapat terus memperbaiki pelayanan agar perpustakaan tidak sekadar menjadi 'gudang tua' yang sepi. Kami berharap para sastrawan dan pegiat literasi di banua ini dapat turut mendukung program-program kami ke depan untuk perpustakaan dan budaya literasi yang makin berkembang," paparnya. (*)

Penulis: Rudi Trianda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved