BanjarmasinPost/

Objek Wisata Batuan Raksasa Cangkringan Yogya Mirip Situs di Inggris

Jika kita bicara tentang tempat wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Setiap daerah di Yogyakarta mempunyai tempat-tempat wisata unik dan

Objek Wisata Batuan Raksasa Cangkringan Yogya Mirip Situs di Inggris
tribunjogja/gilang satmaka
Stonehenge di Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SLEMAN - Jika kita bicara tentang tempat wisata di Yogyakarta memang tidak ada habisnya.

Setiap daerah di Yogyakarta mempunyai tempat-tempat wisata unik dan menarik dengan kekhasannya tersendiri.

Salah satu tempat wisata baru, yang mulai dikenal masyarakat dan ramai dikunjungi wisatawan ialah Stonehenge, yang berada di desa Petung, kepuharjo, cangkringan, Sleman.

Stonehenge sendiri sebenarnya merupakan salah satu tempat prasejarah di Inggris yang juga merupakan tempat wisata terkenal di dunia.

Stonehenge di Cangkringan Sleman tersebut nyatanya juga mampu menarik wisatawan dari berbagai luar daerah untuk berkunjung.

Menurut Sukemi, atau yang akrap disapa pak Pendek, selaku Pengelola Stonehenge, tempat tersebut memang terinspirasi oleh Stonehenge yang berada di Inggris.

"Kami memang menata layout dan menyusun batuan buatan buatan ini karena terinspirasi dari Stonehenge yang berada di Inggris. Dengan alat berat kami menyusun batuan-batuan tersebut," kata Pria paruh baya tersebut. Stonehenge di Cangkringan tersebut dibuka sebagai destinasi wisata baru pada akhir Januari 2017 lalu.

"Dulunya tempat ini merupakan tempat tinggal pribadi saya, akibat Erupsi dahsyat pada 2010 lalu, semuanya hangus terbakar oleh awan panas," ungkap Sukemi.

Pada tahun 2013 Lalu, ia dan warga sekitar segera berbenah dan memproses tempat tersebut sebagai tempat tujuan wisata, dan jadilah Stonehenge tersebut di tahun 2017.

"Proses Penggarapan Stonehenge ini memakan waktu sekitar empat tahun, karena kami menggarap lagi tempat ini benar-benar dari nol," tambah Sukemi.

Halaman
1234
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help