Ekonomi dan Bisnis

Promosi Melalui Medsos, Perhatikan Hal-hal Ini

Dalam akunnya, diisi juga berbagai testimoni dari konsumen dan foto-foto konsumen bersama produknya dan ternyata berakibat positif terhadap penjualan

Promosi Melalui Medsos, Perhatikan Hal-hal Ini
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Arief Budiman 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Metode pemasaran melalui media sosial banyak digunakan karena tanpa mengeluarkan biaya namun bisa bermanfaat besar. Di Banjarmasin, hal ini banyak di manfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan dan menjual produknya.

Seperti Edoy's Pizzeria dan Aicha Pizza, keduanya memanfaatkan akun Instagram untuk memperkenalkan berbagai varian pizza produknya.

Dalam akunnya, diisi juga berbagai testimoni dari konsumen dan foto-foto konsumen bersama produknya dan ternyata berakibat positif terhadap penjualan.

Pakar Marketing sekaligus dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unlam Arief Budiman berpendapat, fenomena pemasaran melalui media sosial ini sudah banyak digunakan dan mencapai titik jenuh.

"Kalau tidak ada inovasi dari pengiklan, metode ini bisa menjadi monoton dan tidak menarik. Konsumen bisa jenuh, bisa saja menjadi kategori spam yang mengusik konsumen yang berujung pada unfollow atau bahkan di blok," terang Arief.

Pelaku promosi dituntut untuk kreatif dalam menyusun konten dan penggunaan bahasa, sehingga tak sekedar berpromosi namun bisa memberikan informasi dan referensi yang baik terhadap konsumen.

"Dari berbagai jenis media sosial, masing-masing memiliki segmentasinya tersendiri. Harus pintar menyesuaikan penggunaan platform. Misal Line dan Instagram kebanyakan remaja, sedang facebook atau whatsapp lebih luas lagi termasuk orang dewasa seperti ibu rumah tangga juga," tambahnya.

Pelaku UMKM juga disarankan memisahkan akun pribadinya dengan akun bisnis tempatnya berpromosi. Hal ini diperlukan agar dapat konsisten dan menghindari kebingungan konsumen. (banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help