Sertifikasi Halal

NEWS ANALYSIS, Fadli Mansoer: Upayakan Bantuan Subsidi Perbankan

Biaya sertifikasi halal sebuah produk minimal Rp 1.300.000, ternyata masih dirasakan membebani pelaku usaha kecil dan menengah.

NEWS ANALYSIS, Fadli Mansoer: Upayakan Bantuan Subsidi Perbankan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Biaya sertifikasi halal sebuah produk minimal Rp 1.300.000, ternyata masih dirasakan membebani pelaku usaha kecil dan menengah.

Menurut Pembina LP POM MUI Kalsel Fadli Mansoer, komponen biaya sertifikasi halal terdiri atas biaya pendaftaran, biaya honor dan laporan auditor serta biaya sertifikat.

rinciannya, biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000, biaya honor dan laporan dua auditor masing-masing Rp 350.000 serta terakhir biaya sertifikasi untuk UMKM dengan usaha kecil dan konvensional sebesar Rp 500.000.

Biaya pendaftaran , biaya honor dan laporan auditor bersifat tetap. Namun biaya sertifikasi bisa bervariasi tergantung skala usaha, kerumitan, dan teknologi yang digunakan.

Soal keluhan biaya dari pelaku UMKM, ke depannya MUI Kalsel yang membawahi LP POM MUI akan bekerja sama dengan perbankan-perbankan syariah agar bisa memberik bantuan atau subsidi kepada UMKM di Kalsel dalam hal menyertifikasi produk.

Sedangkan untuk restoran dan katering, biaya pendaftaran dan audit sama dengan produk makanan atau minuman yaitu Rp 100.000 dan Rp 350.000. Biaya sertifikasi berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 6 juta tergantung banyaknya cabang yang dimiliki sebuah restoran. (acm)

Baca Lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Kamis (11/5/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved