Komunitas

SKIn Kalsel : Tetap Gaul Meski Mobil Jadul

Membahas otmotif tidak harus selalu yang keluaran terbaru. Mobil retro produksi era 1980-an pun hingga kini juga masih sering diminati oleh masyarakat

SKIn Kalsel : Tetap Gaul Meski Mobil Jadul
Halaman 4 Community Banjarmasin Post Edisi Kamis (11/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Membahas otmotif tidak harus selalu yang keluaran terbaru. Mobil retro produksi era 1980-an pun hingga kini juga masih sering diminati oleh masyarakat.

Alasan merawat mobil retro lebih sulit, pun kini bukan menjadi kendala. Sebaliknya, memiliki mobil zaman dulu (zadul/jadul) kini justru menjadi kebanggaan tersendiri bagi sebagian pengguna mobil karena meski jadul, tapi tetap gaul.

Salah satu mobil retro yang masih tetap eksis hingga kini adalah mini SUV yakni Jimny Katana. Mobil ini bisa dibilang legenda pada kelasnya. Harganya yang terjangkau serta model yang mudah untuk dimodifikasi membuatnya laris di pasaran.

Apalagi mobil jenis ini keren dimodifikasi untuk armada offroad. Bermodal ban besar serta grill yang sedikit diubah, telah cukup untuk membuat mobil ini gagah dan sangar. Para pencinta mobil keluaran Suzuki ini di Banua ini pun lalu berkumpul dan membentuk suatu komunitas yang tergabung di Suzuki Katana Jimny Indonesia (SKIn) Kalsel.

Banjarmasin Post Edisi Cetak
Banjarmasin Post Edisi Cetak ()

Salah satu dedengkot SKIn Kalsel, Onno Ozora, menjelaskan SKIn adalah wadah untuk para pemilik JIP SUZUKI Jimny Katana dan sejenisnya untuk sharing semua hal. Terutama menyangkut perawatan dan untuk merekatkan persaudaraan.

"Kami tak pernah memandang status atau pekerjaan serta seperti apa keadaan mobilnya. Bagi kami terpenting adalah terjalinnya keakraban dan persaudaraan," kata owner bengkel di Jalan Ahmad Yani KM 12 ini.

Ia mengatakan keberadaan SKIn Kalseljuga diharapkan menjadi wahana pengembangan hobi yang positif di bidang otomotif dengan berbagi pengalaman berkendara. “SKIn Kalsel anggota dari 55 chapter SKIn Nation seluruh Indonesia," ucap Ono, kemarin.

Jenis mobil yang dimiliki anggota SKIn Kalsel cukup variatif. Di antaranya varian jip Suzuki Katana Jimny SJ 410 (Katana), SJ 413 (Carribian), LJ 80 (Jangkrik), dan series lainnya dengan penggerak 2WD maupun 4WD. Semuanya terawat sehingga tetap bisa tampil gaul.

Banjarmasin Post Edisi Cetak
Banjarmasin Post Edisi Cetak ()

Tahun ini, kata Onno, SKIn Kalsel telah merayakan ulang tahun yang keempat dengan menggandeng Banjarmasin Post sebagai media patner. Acarnya digelar 22-23 April 2017 lalu di taman wisata Labirin di Tambangulang, Kabupaten Tanahlaut. "Perayaannya dilengkapi pemotongan tumpeng sebagai ujud syukur," tandasnya.

Selain itu, acara juga dimeriahkan pengukuhan 20 anggota baru dengan mengusung prosesi adat Banjar yaitu batapung tawar. Prosesi ini ujud simbolis telah diterima nya sebagai bagian dari keluarga besar SKIn Kalimantan Selatan.

Kegiatan lainnya yakni camping ground di area alam terbuka dengan tujuan untuk mendekatkan diri dengan alam. Tujuannya belajar serta memahami pentingnya menjaga kelestarian alam yang merupakan warisan untuk masa depan.

"Ini penting untuk lebih mempererat silaturahmi, menambah semangat dan kemeriahan. Kami juga menggelar fun games di area permainan outbond yang diikuti anggota maupun undangan," jelas dia.

Pada perayaan 4th anniversary SKIn Kalsel juga dihadiri beberapa perwakilan komunitas yang ada di Kalsel dan Kalteng. Di antaranya JACK’S Kalsel, SKIn Palangkaraya, dan beberapa perwakilan Gabungan Automotive Banua Sehati. (arl)

Pengurus SKIn Kalsel
Ketua : Roy Al Azhar
Wakil Ketua : Sujito Kang To
Sekretaris : Adhetya Rahman
Bendahara : Safri Blanel
Humas : Roy Adam
Pelaksana 4th Anniv : Onno Ozora

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help