BanjarmasinPost/

Pilkada Serentak

Waduh! Dana Saksi Pemilu Rp 14,2 Triliun Ternyata Bisa untuk Bangun 85 Ribu Sekolah

"Dana saksi itu setara dengan pembangunan 85.216 sekolah dan menyelamatkan 2,7 juta siswa dari ancaman sekolah roboh"

Waduh! Dana Saksi Pemilu Rp 14,2 Triliun Ternyata Bisa untuk Bangun 85 Ribu Sekolah
tribun jabar

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Komite Pemantau Legislatif (Kopel) menilai dana saksi Pemilu 2019 dari APBN sebesar Rp 14,2 triliun, setara dengan pembangunan 85 ribu sekolah di seluruh Indonesia.

Peneliti Kopel Syamsudin Alimsyah mengatakan, berdasarkan simulasi Kopel untuk kebutuhan dana saksi kandidat Pemilu 2019 dengan 544.494 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan per saksi diberi Rp 300 ribu, maka jumlahnya mencapai Rp 14,2 triliun.

"Dana saksi itu setara dengan pembangunan 85.216 sekolah dan menyelamatkan 2,7 juta siswa dari ancaman sekolah roboh," tutur Syamsudin, Jakarta, Kamis (11/5/2017).

Menurut Syamsudin, ‎usulan dana saksi pemilu dari partai politik tersebut, tidak akan efektif dan efisien dalam menjaga suara pemilih. Sehingga, diharapkan DPR fokus pada pembahasan subtansi RUU Pemilu, tanpa memunculkan wacana baru yang justru menimbulkan masalah baru.

"DPR harus segera sahkan RUU Pemilu, mengingat mendesaknya kebutuhan kejelasan pengaturan, hentikan wacana dana saksi dari partai politik," tutur Syamsudin. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Didik Trio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help