Kriminalitas Kotabaru

Warga Desa Tanjung Samalantakan ini Ditangkap Bawa 1500 Butir Zenith

Seorang warga Desa Tanjung Samalantakan, Kecamatan Pamukan Selatan Kotabaru ditangkap anggota polsek Kelumpang Barat karena bawa zenith

Warga Desa Tanjung Samalantakan ini Ditangkap Bawa 1500 Butir Zenith
Istimewa
Harrang alias Icang (38) dan barbuk 1.500 butir Zenith 

BANJARMASINPOST.CO.ID,KOTABARU - Peredaran obat keras Carnophen atau pil Zenith di wilayah Kabupaten Kotabaru seperti menjadi 'kebutuhan'. Itu menyusul terus merebaknya peredaran, walau tidak sedikit pelaku yang ditangkap.

Nasib apes kini giliran Harrang alias Icang (38) yang harus berurusan dengan pihal kepolisian resort (Polres) Kotabaru, Jumat (12/5/2017).

Warga Desa Tanjung Samalantakan, Kecamatan Pamukan Selatan Kotabaru ini ditangkap anggota polsek Kelumpang Barat, karena membawa zenith saat melintas di wilayah Desa Siayuh, Kecamatan Kelumpang Barat.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto SIK melalui Kasubag Humas Tuti Sulistyowati mengatakan, Icang ditangkap karena melakukan perbuatan melawan hukum dengan memiliki dan akan mengedarkan sediaan farmasi tanpa izin edar.

Menurut Tuti, tersangka ditangkap saat anggota polsek Kelumpang Barat, melakukan patroli di wilayah Desa Siayuh, berawal diterimanya informasi ada dua orang yang menggunakan kendaraan diduga membawa pil zenith.

Berdasarkan informasi itu, beberapa anggota bergerak dengan memeriksa setiap kendaraan yang melintas di jalan trans provinsi Kalsel-Kaltim tersebut.

"Tidak lama setelah menerima informasi anggota menghentikan sebuah sepeda motor dan melakukan pemeriksaan," kata Tuti.

Selain menghentikan anggota polsek juga melakukan memeriksa semua barang bawaan. Ditemukan sebuah kantong plastik yang diakui tersangka (Icang) adalah miliknya.

"Setelah kantong pelastik dibuka ternyata terdapat obat zenith berjumlah 1.500 butir," ujar Tuti.

Anggota juga melakukan pemeriksaan terhadap Syahpuddin alias Yoyong. Tapi tidak ditemukan barang terlarang atau zenith.

Kepada petugas Yoyong mengaku, ia hanya mengantarkan (ojek). "Yoyong juga mengakui kalau tersangka sebagai pengedar zenith," ungkapnya.

Tak pelak, bersama barang bukti tersangka langsung digelandang ke polsek untuk proses hukum lebih lanjut.

Tersangka dijerat pasal 196 jo pasal 98 ayat (2) dan atau pasal 197 jo pasal 106 ayat (1) UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help