BanjarmasinPost/

Larutan Baking Soda Ternyata Ampuh Hilangkan Bau Kaki Mengganggu, Yuk Buktikan!

Bau kaki adalah salah satu permasalahan yang pasti tidak diinginkan setiap orang. Pasalnya, aroma tidak sedap ini bisa mengganggu penampilan

Larutan Baking Soda Ternyata Ampuh Hilangkan Bau Kaki Mengganggu, Yuk Buktikan!
sajiansedap.com
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bau kaki adalah salah satu permasalahan yang pasti tidak diinginkan setiap orang. Pasalnya, aroma tidak sedap ini bisa mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Tapi jika kaki sudah terlanjur berbau tidak sedap, mau tidak mau kita harus tau cara ampuh menghilangkannya.

Bau kaki bisa disebabkan karena banyak hal dan banyak faktor mulai dari jenis sepatu yang kurang sirkulasi, jenis keringat, sepatu yang lembab sampai kebiasaan sehari-hari seperti jarang mencuci kaki dan mengganti kaus kaki. Dua faktor terakhir juga adalah gaya hidup tidak sehat yang bisa berakibat pada masalah kulit lainnya.

Baking soda dapat mengusir bau kaki

Baking soda punya sifat menyerap bau. Itulah mengapa bahan masakan satu ini sangat baik digunakan untuk mengusir bau pada kulkas. Nah hal serupa juga berlaku untuk bau kaki. Baking soda bisa menyerap kuman dan bau pada kaki jika digunakan dengan benar.

Caranya sangat mudah. Campurkan beberapa sendok baking soda ke dalam sebaskom air hangat. Gunakan larutan air dan baking soda ini untuk merendam kaki selama 20 menit.

Sebaiknya, perendaman dilakukan segera setelah kita sampai di rumah dan melepas alas kaki. Rendam kaki sambil dipijat perlahan. Cara ini akan membuat baking soda masuk ke dalam pori-pori kulit dan mematikan kuman-kuman penyebab bau kaki.

Cara ini ampuh menghilangkan bau kaki jika rutin dilakukan setiap hari. Selain menghilangkan bau kaki, merendam kaki dalam air hangat juga akan membuat kaki rileks dan jadi nyaman.

Optimalkan baking soda untuk juga menyerap bau pada sepatu

Bau kaki juga bisa menempel pada sepatu. Akibatnya, setiap kali menggunakan sepatu tersebut, bau kaki akan kembali muncul. Untuk itu, kita juga harus memastikan sepatu yang kita pakai bebas dari bau tidak sedap.

Untuk menyelamatkan sepatu yang telah berbau kaki, kita bisa menggunakan baking soda. Bubuk serbaguna ini cukup dimasukan ke dalam sebuah kain, kantung atau juga tissue yang memiliki lubang udara cukup besar.

Letakkan kantung berisi baking soda pada bagian dalam sepatu. Diamkan seharian atau lebih dan bau pada sepatu akan hilang. Untuk penggunaan maksimal, sepatu bisa kita masukkan ke dalam boksnya. Dengan begini, baking soda akan lebih fokus menetralisir bau pada sepatu.

Jika ingin lebih praktis, baking soda bisa ditaburkan begitu saja pada sepatu tanpa kantung. Kocok sepatu agar baking soda bisa merata sampai ujung sepatu. Baking soda bisa dikeluarkan saat kita akan menggunakan sepatu. Cara ini akan ampuh menyerap kelembaban dan bau pada sepatu. Untuk sepatu yang sangat berbau, biarkan baking soda di dalam sepatu untuk waktu yang lama.

Selain menggunakan baking soda, kita juga harus selalu menjaga kebersihan kaki setiap hari. Cuci dan gosok kaki menggunakan sabun setiap kali mandi. Ganti kaus kaki setiap hari dan hindari menggunakan sepatu yang terlalu kecil atau sempit karena keringat berbau akan makin mudah muncul. Dengan begini, kita akan punya kaki sehat, segar dan bebas bau.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help