BanjarmasinPost/

Agar Tidak Lemas Karena Diare, Ini yang Harus Anda Lakukan

Ayo simak ulasan berikut dalam menjaga agar tubuh tidak lemas karena diare. Maklum, buang Air Besar (BAB) yang diluar kebiasaan sehari-hari

Agar Tidak Lemas Karena Diare, Ini yang Harus Anda Lakukan
sajiansedap.com
Untuk menanggulanginya, minum banyak cairan, seperti air, jus buah, dan sup bening. Hindari dahulu meminum kopi, susu dan alcohol 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ayo simak ulasan berikut dalam menjaga agar tubuh tidak lemas karena diare. Maklum, buang Air Besar (BAB) yang diluar kebiasaan sehari-hari memang merepotkan.

Frekuensi BAB yang normal bagi setiap orang berbeda-beda. Biasanya berkisar 3 kali sehari sampai 3 hari sekali. Lebih banyak dari itu dalam sehari, apalagi jika konsistensinya lebih cair dari biasanya, sudah bisa dikatakan diare.

Diare yang tidak sering tidak berbahaya. Biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Diare yang berat dan tidak disertai rehidrasi oral bisa membahayakan jiwa. Diare dapat juga merupakan gejala penyakit berat, seperti tipus, cholera, dan bahkan kanker usus.

Penyebab diare bisa bervariasi. Yang “sepele” bisa saja berasal dari pengaruh psikologis seperti rasa cemas. Yang sering dan berhubungan dengan higienitas biasanya berkisar dari keracunan makanan (makan makanan yang terkontaminasi bakteri/zat kimia), infeksi virus di usus, hingga alergi atau intoleransi makanan tertentu seperti susu.

Dalam menghadapi berbagai penyakit, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Sama halnya seperti diare. Langkah pencegahannya, pertama, cuci tangan dengan baik sebelum memegang makanan. Kedua, tutupi makanan untuk mencegah kontaminasi dari lalat, tikus, hingga kecoa. Lalu, simpan makanan secara baik. Di lemari pendingin, pisahkan bahan makanan yang masak dan mentah.

Jika sudah telanjur terkena penyakit ini, yang bisa kita lakukan adalah menjaga asupan makanan dan minuman ke tubuh. Apalagi frekuensi keluarnya cairan tubuh juga bertambah. Untuk menanggulanginya, minum banyak cairan, seperti air, jus buah, dan sup bening. Hindari dahulu meminum kopi, susu dan alcohol.

Agar kerja pencernaan tidak berlebihan, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu padat. Makanlah makanan lunak seperti bubur, tim nasi, roti, bubur, dan pisang.

Jika diperlukan, obat-obatan medis bisa jadi ikut campur tangan dalam menanggulangi penyakit ini. Berlabuhlah ke dokter. Umumnya, Anda akan disarankan meminum oralit atau cairan rehidrasi oral yang sudah tersedia bila diare bertambah berat.

Nah, itulah cara penanggulangan agar tubuh tidak lemas karena diare. Ingat, seperti yang dikatakan sebelumnya, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Yuk, hidup dengan lebih sehat selalu.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help