BanjarmasinPost/

Ingin Panjang Umur? Perbanyak Mengonsumsi Jamur Shitake yang Berkhasiat Mujarab Ini!

Percayakah Anda bahwa banyak mengonsumsi jamur shitake bisa membuat kita panjang umur? Dalam ilmu tanaman, jamur shitake sebetulnya tidak sekelas

Ingin Panjang Umur? Perbanyak Mengonsumsi Jamur Shitake yang Berkhasiat Mujarab Ini!
sajiansedap.com
Jamur Shiitake 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Percayakah Anda bahwa banyak mengonsumsi jamur shitake bisa membuat kita panjang umur? Dalam ilmu tanaman, jamur shitake sebetulnya tidak sekelas dengan sayur-mayur lainnya seperti brokoli, bayam, atau kangkung karena ia tergolong jamur. Namun, dalam soal rasa dan kandungan nutrisi, bahan pangan yang sangat populer dalam tradisi kuliner Asia Timur ini tak kalah dengan kebanyakan sayuran.

Shitake merupakan sumber mineral yang bagus. Jamur ini bisa memberi kita zat besi, magnesium, kalium, mangan, dan masih beberapa lagi jenis nutrisi lainnya. Bagian tudungnya mengandung banyak zat gizi, terutama asam amino, vitamin B, dan vitamin D. Salah satu asam amino di dalam shitake adalah glutamat yang menyebabkan jamur ini memiliki rasa gurih.

Tidak hanya itu, kandungan senyawa eritadenin di tudung shitake bahkan dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Karena berbagai manfaat ini, dalam ilmu pengobatan tradisional Cina, jamur ini dianggap sebagai makanan yang bisa memperpanjang umur.

Bagian tudung jamur segar memilik tekstur yang berpori dan mudah rusak oleh air. Itu sebabnya sayuran ini tidak disarankan dicuci dengan banyak air seperti kita mencuci daun-daunan. Sebetulnya kandungan nutrisinya tidak berubah banyak dengan pencucian, hanya fisiknya yang membuat tampilannya jadi rusak. Agar teksturnya tidak rusak, sebaiknya jamur ini dicuci hati-hati dengan sedikit air.

Dalam keadaan kering, shitake mungkin akan kehilangan sebagian kandungan nutrisinya. Tapi kita masih bisa mendapatkan manfaat asam amino, mineral, dan sebagian vitamin. Baik segar atau kering, shitake sama-sama enak dan sama-sama bergizi.

Jika kita hendak memasak shitake kering dan merendamnya lebih dulu dengan air panas, sebaiknya jumlah air yang digunakan untuk merendam tidak terlalu banyak. Secukupnya saja asal semua bagian terendam. Air rendaman ini sebaiknya kita gunakan untuk memasak jika memang masakan kita membutuhkan air. Jika air rendaman ini kita buang, sangat mungkin kita akan kehilangan sebagian nutrisi dan penguat rasanya yang khas.

Nah, tidak hanya membuat kita sehat dan panjang umur, mengonsumsi jamur shitake juga bisa membuat lidah bergoyang. Rasanya begitu sedap dan enak dimasak jadi berbagai hidangan. Agar tak banyak kehilangan nutrisi, jamur shitake sebaiknya dimasak sekitar 10 menit saja, tak perlu lama-lama. Jika proses memasak membutuhkan waktu lama, kita bisa memasukkan shitake pada sekitar sepuluh menit terakhir prosesnya supaya aroma gurih shitake muncul tanpa kehilangan nutrisinya. Selamat mencoba.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help