BanjarmasinPost/

Overdosis Kafein, Anak Berumur 16 Tahun Ini Meninggal Dunia karena Kekacauan Irama Jantung

Seorang anak laki-laki berusia 16 tahun meninggal karena overdosis kafein. Kafein itu didapatnya setelah meminum minuman ringan, kopi

Overdosis Kafein, Anak Berumur 16 Tahun Ini Meninggal Dunia karena Kekacauan Irama Jantung
today.com
Cripe meninggal setelah overdosis kafein 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Seorang anak laki-laki berusia 16 tahun meninggal karena overdosis kafein. Kafein itu didapatnya setelah meminum minuman ringan, kopi, dan minuman energi yang mengandung energi. Demikian dikatakan seorang koroner Carolina Selatan.

Davis Allen Cripe ambruk dan meninggal bulan lalu, jelas koroner Richland Conty Gary Watts, dalam sebuah konferensi pers.

“Dua jam sebelum kematiannya, ia telah mengonsumsi makanan besar Mountain Dew, kafe latte dari McDonald’s dan juga beberapa minuman energi,” kata Watts. “Overdosis kafein ini menyebabkan kondisi irama jantungnya berdetak tidak seperti biasanya.”

Beberapa peneliti melaporkan bahwa minuman energi dapat menyebabkan perubahan fungsi jantung dan tekanan darah yang berbahaya melebihi kafein saja. Peneliti lain menemukan bahaya serupa di tahun 2015.

“Minuman ini bisa sangat berbahaya,” kata Watts. “Saya saja sudah memberitahu teman dan keluarga saya agar tidak meminumnya.”

Watts, yang bukan seorang dokter medis, tidak memberikan rincian bagaimana ia sampai mengambil kesimpulan bahwa minuman tersebut membunuh Cripe. Sementara ia sendiri tidak mengetahui jenis minuman energi apa yang diminum Cripe.

“Bukan bermaksud untuk menjatuhkan Mountain Dew, bukan juga untuk menjatuhkan kafe latte, atau minuman energi. Tapi yang ingin kita lakukan adalah membuat orang mengetahui bahwa minuman dengan jumlah kafein banyak, dapat menimbulkan konsekuensi yang mengerikan. Dan itulah yang terjadi dalam kasus ini,” kata Watts, seperti dilansir oleh today.com.

“Bukan kecelakaan mobil yang mengambil nyawanya, tapi minuman energi,” kata sang ayah, Sean Cripe, saat konferensi pers tersebut. “Para orangtua, tolonglah katakan pada anak-anak tentang minuman energi ini.”

Bagi orang dewasa, dosis moderat kafein harian yang aman adalah 200 – 300 miligram. Jumlah itu setara dengan 2 – 4 cangkir kopi per hari.

Kafein mendorong pelepasan senyawa alami yang disebut katekolamin, termasuk norepinephrine, hormon stres yang dapat mempercepat denyut jantung.

Mereka yang meninggal akibat overdosis kafein tercatat memiliki denyut jantung yang tidak teratur dan cepat, kejang, dan terkadang tersedak muntahnya sendiri.

Dalam produk Mountain Dew 12 ons terkandung 54 miligram kafein. Sayangnya, McDonald’s tidak menuliskan jumlah kafein dalam kopinya itu.

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help