BanjarmasinPost/
Home »

Sport

» Tenis

Tak Ada Wild Card, Maria Sharapova tak Berpartisipasi di Prancis Terbuka

Sharapova kembali bertanding setelah menjalani hukuman larangan berkompetisi selama 15 bulan dari kasus doping yang menjeratnya.

Tak Ada Wild Card, Maria Sharapova tak Berpartisipasi di Prancis Terbuka
banjarmasinpost.co.id/kompas.com
Petenis Rusia Maria Sharapova berselebrasi usai memukul petenis Ameria Serikat Coco Vandeweghe dalam perempat-final Wimbledon 2015 di All England Tennis Club, Wimbledon, London, 7 Juli 2015. Sharapova menang 6-3, 6-7, 6-2. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARIS - Mantan petenis tunggal putri nomor satu dunia asal Rusia, Maria Sharapova, dipastikan tidak akan berpartisipasi pada turnamen Prancis Terbuka 2017 setelah panitia memutuskan untuk tidak memberi wild card.

"Ada wild card untuk pemain yang kembali setelah cedera, tetapi tidak ada wild card untuk pemain yang kembali karena kasus doping," tutur Ketua Federasi Tenis Prancis Bernard Giudicelli Ferrandini yang dilansir BBC, Rabu (17/5/2017).

"Saya turut menyesal untuk Maria dan juga para penggemarnya," kata Giudicelli Ferrandini.

"Keputusan ini mungkin sangat mengecewakan, dia (Maria) mungkin akan sangat kecewa, tetapi ini adalah tanggung jawab saya dan misi saya adalah menjaga standar tinggi dari permainan tanpa meragukan hasilnya," ucap Giudicelli Ferrandini lagi.

Sharapova kembali bertanding setelah menjalani hukuman larangan berkompetisi selama 15 bulan dari kasus doping yang menjeratnya.

Sejauh ini, petenis yang akrab disapa Masha itu sudah meraih tiga wild card yang masing-masing didapat dari turnamen Stuttgart Terbuka, Madrid Terbuka, dan Italia Terbuka.

Sharapova sebetulnya bisa mengamankan tempat pada babak kualifikasi Prancis Terbuka jika berhasil menembus babak final Stuttgart Terbuka. Namun, lajunya dihentikan petenis Prancis, Kristina Mladenovic, pada babak semifinal.

Di luar Prancis Terbuka, Sharapova sudah mencatatkan diri sebagai pemain yang masuk ke babak kualifikasi Wimbledon tahun ini.

Petenis 30 tahun itu masih punya kesempatan menembus babak utama Wimbledon jika berhasil mencapai babak semifinal Italia Terbuka.

Namun, hal tersebut gagal terwujud. Langkah Sharapova di Foro Italico yang menjadi venue pertandingan Italia Terbuka terhenti pada babak kedua.

Sharapova memutuskan retired karena mendapat cedera paha kiri saat tengah bertanding melawan Mirjana Lucic-Baroni (Kroasia). Ketika mundur, Sharapova tengah unggul 4-6, 6-3, 2-1.

"Saya meminta maaf karena terpaksa mundur akibat mendapat cedera paha kiri. Saya akan melakukan pemeriksaan yang diperlukan untuk memastikan cedera ini tidak serius," kata Sharapova.

Akibat insiden ini, Sharapova kini harus menanti sampai 20 Juni mendatang untuk mengetahui apakah dia akan mendapat wild card dari All England Club atau tidak. (JUARA.net)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help