BanjarmasinPost/

Seputar Kaltim

Pabrik Semen Kaltim Sudah Kantongi Izin Lokasi, Dua Investor Besar Siap 'Back Up'

Saat ini, Dinas Perizinan Satu Pintu baru memberikan izin lokasi untuk menentukan apakah lahan konsesi Semen Kaltim masuk dalam kawasan Karst yang dil

Pabrik Semen Kaltim Sudah Kantongi Izin Lokasi, Dua Investor Besar Siap 'Back Up'
tribunkaltim.co/anjas pratama
Aksi penolakan dibangunnya pabrik semen di Kaltim oleh berbagai elemen masyarakat beberapa waktu lalu di depan Kantor Gubernur Kaltim 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Ada dua investor besar yang siap menggolkan rencana pembangunan pabrik semen di Kaltim.

Pertama adalah Semen Bosowa. Perwakilan dari manajemen Bosowa sudah pernah bertatap muka dengan Awang Faroek di 2016 lalu. Namun, hingga kini, masih belum ada tahapan perizinan yang dilakukan Bosowa.

Kedua adalah Semen Kaltim. Perusahaan investor lokal, yang saat ini, sedang dalam proses untuk mendapatkan izin dari Pemprov Kaltim. Saat ini, disebut pihak Dinas Lingkungan Hidup Kaltim, Semen Kaltim sudah rampung dalam penentuan lokasi.

“Yang punya Semen Kaltim itu pengusaha lokal. Namanya Pak Sigit. Rencananya, dalam pembangunan, ia akan juga bermitra dengan Semen Indonesia, serta ada beberapa investor dari luar,” ujar Syahril, dari Dinas Lingkungan Hidup Kaltim.

Dari penelusuran Tribun ke beberapa Dinas di Lingkungan Pemprov, memang belum ada satupun izin pertambangan/ lingkungan yang diberikan kepada investor Semen Kaltim.

Saat ini, Dinas Perizinan Satu Pintu baru memberikan izin lokasi untuk menentukan apakah lahan konsesi Semen Kaltim masuk dalam kawasan Karst yang dilindungi atau tidak.

Hal ini seperti tertuang dalam data DLH Kaltim, perihal penentuan lokasi penambangan Semen Kaltim.

Dalam data tersebut, Semen Kaltim mengajukan dua area penambangan di lokasi Teluk Sulaiman, Berau ditambah satu lokasi pabrik juga di Teluk Sulaiman.

Untuk lokasi penambangan Semen Kaltim, diajukan atas nama perusahaan yang berbeda, yakni PT. Alam Bhana Lestari, serta PT. Gawi Manuntung (keduanya milik Semen Kaltim).

Hasil dari klarifikasi tim DLH tersebut, memperbolehkan Semen Kaltim masuk ke dalam proses perizinan selanjutnya, karena tak memiliki masalah pada izin lokasi.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help