BanjarmasinPost/

Dosen ULM Ini Minta Masyarakat Bijak Sikapi Promo

Sebaiknya disarankan masyarakat bijak dalam menerima tawaran diskon besar-besaran ritel modern terlebih pada Ramadan.

Dosen ULM Ini Minta Masyarakat Bijak Sikapi Promo
net
Ilustrasi

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ritel modern di Kota Banjarmasin dan sekitarnya sudah menggeber berbagai promo menarik jelang Ramadan. Tidak hanya ritel menjual pakaian, juga ritel yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari.

Dosen di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Arief Budiman mengatakan, ketika diharapkan konsumsi selama Ramadan menurun, tetapi nyatanya meningkat atau berubah 180 derajat. Konsumsi ternyata lebih dari bulan biasa, hal ini dikarenakan beberapa faktor.

Disebutkannya, rayuan dari ritel modern yang menawarkan diskon besar-besaran, sehingga konsumen menjadi tergiur. Momentum Ramadan, biasanya produk unik yang jarang ditemukan selain bulan puasa, terutama kue dan jenis makanan akan muncul.

"Ini mengakibatkan orang ingin membelinya, mumpung satu kali setahun makan," katanya, Jumat (19/5).

Dia juga mengatakan, ada tradisi bahwa, di hari Kemenangan setelah puasa mengenakan pakaian baru, terutama anak-anak, sehingga pola konsumsi berubah pula. Iklan dan diskon besar-besaran menjadi justifikasi untuk membeli produk fashion tersebut.

Disarankannya, sebaiknya masyarakat bijak dalam menerima tawaran diskon besar-besaran para ritel modern. Karena harus menyesuaikan dengan kondisi keuangan saat ini.

Selain itu, strategi diskon jor-joran juga adalah salah satu cara untuk merayu konsumen. Padahal, selama Ramadan sebaiknya menahan nafsu, terutama nafsu belanja. (*)

Penulis: Hasby
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help