BanjarmasinPost/

Berita Martapura

Pertumbuhan Pengusaha Muda di Kabupaten Banjar Lamban, Apa Penyebabnya?

Idealnya jumlah pengusaha dalam suatu daerah adminitratif adalah dua persen dari jumlah penduduk.

Pertumbuhan Pengusaha Muda di Kabupaten Banjar Lamban, Apa Penyebabnya?
THINKSTOCK.COM
Thinkstock Ilustrasi: Wirausaha 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pertumbuhan pengusaha muda di Kabupaten Banjar belum seimbang dengan jumlah penduduk. Idealnya jumlah pengusaha dalam suatu daerah adminitratif adalah dua persen dari jumlah penduduk.

Kabupaten Banjar merupakan satu kabupaten terluas di Kalsel dengan jumlah penduduk mencapai 546.990 pada 2015.

Oleh sebab itulah BPC HIPMI Kabupaten Banjar mendorong lahirnya pengusaha-pengusaha muda di kabupaten tersebut. Pelantikan pengurus BPC HIPMI Kabupaten Banjar menumbuhkan usahawan muda di Kabupaten Banjar.

Diungkapkan Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Cabang IV BPC HIPMI Kabupaten Banjar, Putera Qomaluddin, Jumat (19/5/2017).

Dia mengatakan, Kabupaten Banjar memegang peranan penting dalam roda ekonomi Kalsel, jumlah penduduk yang besar tentu juga memegang potensi ekonomi yang besar.

"Kami harapkan dengan pelantikan pengurus HIPMI Kabupaten Banjar yang baru, dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan Kabupatn Banjar pada umumnya serta menumbuhkan minat usaha dan bibit usahawan muda," katanya.

Dia juga mengatakan, kepengurusan BCC HIPMI Banjar diisi oleh berbagai macam latar belakang usaha dan dengan skala kecil hingga besar. Tentunya mempunyai kewajiban dan tanggung jawab sosial membawa Kabupaten Banjar menuju gerbang pembangunan secara mandiri.

Menurutnya, daerah yang maju adalah daerah yang memikirkan bagaimana membangun SDMnya seimbang dengan pemanfaatan sumber daya alamnya. MEA 2015 mewajibkan setiap daerah harus mampu bersaing dengan daerah lain dan negara lain.

Oleh sebab itulah, peningkatan kualitas SDM serta daya saing adalah wajib. HIPMI Banjar memiliki target menciptakan seribu pengusaha muda di Kabupaten Banjar.

"Kami harapkan target ini bisa menjadi target yang didukung secara bersama terutama pemerintah, institusi pendidikan dan dunia usaha," harapnya.

Pihaknya juga mengharapkan ada sinergi yang baik antara seluruh stakeholder di Kabupaten Banjar, terutama dukungan pemerintah. Mengingat, pemerintah sebagai regulator diharapkan mampu meciptakan iklim usaha yang baik, misalnya dalam kemudahan perizinan, keutamaan pengusaha lokal dalam kerjasama dengan proyek pemerintah, serta bantuan pemerintah dalam hal promosi, pelatihan dan sebagainya.

Muscab BPC HIPMI Banjar akan digelar pada Sabtu (20/5/2017). Dilangsungkan pula penandatanganan komitmen bersama untuk mencetak seribu pengusaha di Kabupaten Banjar.

Penulis: Hasby
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help