BanjarmasinPost/

Berita Internasional

Ilmuan Rusia Tawarkan Robot Pelindung bagi Penonton Saat Piala Dunia 2018 di Rusia

Ilmuwan Rusia telah menawarkan robot untuk melindungi penggemar sepak bola Inggris, dari hooligan lokal saat Piala Dunia tahun depan.

Ilmuan Rusia Tawarkan Robot Pelindung bagi Penonton Saat Piala Dunia 2018 di Rusia
Dailymail
Robot Alan Tim sebagai robot pelindung penonton mampu mendeteksi ancaman gerakan agresi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Ilmuwan Rusia telah menawarkan robot untuk melindungi penggemar sepak bola Inggris, dari hooligan lokal saat Piala Dunia tahun depan. Mereka akan dilindungi oleh robot pengawal yang bisa mendeteksi agresi.

Di video yang telah dirilis, menunjukkan AlanTim, pelindung berukuran empat kaki, berkeliling sambil menyampaikan pesan. Hal tersebut dilakukan untuk meyakinkan para penggemar olahraga yang berencana bepergian ke Rusia untuk menghadiri turnamen musim panas mendatang.

Dalam video tersebut AlanTim berkata: "Saya membaca di internet bahwa banyak fans Inggris meragukan keamanan saat mengunjungi Rusia. Anda tidak perlu khawatir, saya akan melindungi Anda. "

"Saya berjanji akan menemani Anda di Moskow dan melindungi Anda dari masalah," tambahnya.

Dilansir Dailymail.co.uk, ilmuwan di Institut Teknologi Moskow itu mengatakan robot empat kaki itu dapat mendeteksi emosi manusia. Robot itu jugaakan menghubungi polisi jika dia melihat perilaku agresif yang tidak dapat dia selesaikan melalui 'percakapan diplomatik'.

Tawaran AlanTim datang tiga bulan setelah dokumenter BBC yang mengerikan tentang pasukan Hooligan Rusia, yang menanamkan rasa takut pada penggemar sepak bola dan pemegang tiket Piala Dunia.

Dari dokumenter BBC tentang hooligan Rusia, yang disiarkan pada bulan Februari, menunjukkan para pelaku yang melakukan kekerasan terhadap pendukung Inggris di Marseille pada Euro 2016.

Juru bicara Institut Teknologi Moskow mengatakan: "Robot AlanTim telah menawarkan perlindungannya kepada penggemar sepak bola Inggris selama Piala Dunia 2018.

"Dia pun sadar bahwa banyak penggemar Inggris memiliki masalah keamanan.

"Untuk menghilangkan kekhawatiran mereka, robot tersebut telah berjanji untuk mendampingi para fans saat di Moskow, serta menjaga mereka dari masalah yang bakal terjadi."

"AlanTim dapat mengenali emosi manusia, jika dia mengetahui agresi terhadap tamu Inggris, dia akan segera menghubungi polisi.

"Selain itu, robot ini mampu melakukan percakapan yang bertujuan untuk menyelesaikan konflik secara diplomatis."

Para ilmuwan pun mengklaim robot tersebut bisa mengetahui kapan kerumunan penggemar sepak bola akan menjadi rusuh. (*)

Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help