BanjarmasinPost/

Libur Panjang, Ini Kegiatan Bermanfaat Keluarga Yulia

Horee, libur sekolah telah tiba. Setelah menjalani rutinitas sekolah, tentunya membuat anak jenuh dan boring.

Libur Panjang, Ini Kegiatan Bermanfaat Keluarga Yulia
Istimewa
Yulia bersama suami dan anak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Horee, libur sekolah telah tiba. Setelah menjalani rutinitas sekolah, tentunya membuat anak jenuh dan boring. Jika sudah demikian tentu pikirannya pasti ingin menikmati libur panjang sekolah nan indah.

Beberapa di antara orangtua pasti punya pikiran kalau yang namanya liburan itu mengajak anaknya jalan-jalan, hang out keluar kota tidak bagi orangtua yang memiliki anggaran rumah tangga pas pasan. Mereka akan lebih memilih berlibur murah tentunya dengan banyak manfaat yang didapat selama liburan itu.

Salah satu ibu muda, Yulia Andriani mengaku setiap liburan dia selalu membiasakan anaknya Ananda Aulia Azzahra (8) berkegiatan positif di rumah. Jadi tidak harus meski liburan ke luar daerah.

Salah satu yang terpenting kata dia membuat hubungan anak dengan keluarga lebih dekat. Hal itu sebagai pengganti kebiasaan yang selalu dekat dengan teman temannya disekolah.

"Kalau di sekolahkan biasanya sering bermain dengan teman temannya hampir seharian nah kalau libur panjang kami manfaatkan berkumpul keluarga sebagai ganti dia biasa sering bermain bersama teman," kata istri dari M. Syahrin Noor (Aldo) ini.

Karena kesibukan yang dijalani sehari- hari, waktu untuk berkumpul bersama keluarga sangat terbatas. Maka masa libur panjang ini dimanfaatkan untuk berkumpul dengan keluarga agar lebih harmonis dari hari biasanya.

"Caranya pun murah dan mudah saja dengan berkumpul bersama di rumah bercanda bersama keluarga, sharing atau memecahkan suatu masalah bersama keluarga," ujar dia.

Jika si gadis di rumah lanjut dia biasanya mencoba ikut membantu beberapa tugasnya sebagai ibu rumah tangga seperti seperti ikut mencuci pakaian, mencuci piring, membersihkan rumah, membantu memasak.

"Dia hanya diminta membantu saja memang tugas pokoknya saya tapi ini membiasakan dia saja berkegiatan," ujarnya.
Hal lain yang dilakukan Yulia, setelah bergelut dengan pelajaran, biasanya dia memberikan waktu luang bagi Nanda untuk melepaskan segala rutinitas belajarnya selama liburan.

"Biasakan ada jadwal belajar nah kalau libur panjang stop dulu. Jangan sampai anak stress karena tekanan belajar, tegang dengan keadaan atau lelah. Disaat liburan inilah dimana saat tubuh dan pikirannya istirahatkan," ujar dia.

Pada saat liburan dimanfaatkan untuk makan bersama keluarga dengan makan bersama tepat waktu dan makan- makanan yang sehat.

Waktu liburan juga menjadi kesempatan untuk menyalurkan hobi, Nanda yakni suka bermain Slime, berhitung dan bersepeda. Ini dianggapnya waktu sangat baik untuk mengasah kemampuannya. (*)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help