BanjarmasinPost/

Health Info

Penelitian: Air Beras Ternyata Bisa Menyehatkan Kulit Kepala dan Rambut

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2010 mengungkapkan air beras menunjukkan hasil positif.

Penelitian: Air Beras Ternyata Bisa Menyehatkan Kulit Kepala dan Rambut
ISTOCKPHOTO
Air beras menyehatkan kulit kepala, rambut, dan kulit wajah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Rambut dan kulit kepala bermasalah. Ternyata, banyak cara alami untuk menyehatkan mahkota kita tersebut.

Salah satunya dengan menggunakan bahan yang tak disangka mampu membantu merawat rambut dan kulit. Apakah itu? Air beras!

Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cosmetic Science pada 2010 mengungkapkan air beras menunjukkan hasil positif pada perawatan rambut seperti meningkatkan elastisitas rambut dan mengurangi risiko rusaknya kulit kepala.

Menurut studi ini, air beras memiliki inositol, zat yang memperbaiki rambut dan melindunginya dari kerusakan. Inositol pun merupakan zat yang bertahan lama bahkan setelah dibilas.

Inositol dapat melindungi rambut dan mempercantiknya. Asam amino dalam air beras juga memperkuat akar rambut, menambah volume dan membuat rambut kemilau dan halus.

Tak hanya bemanfaat pada rambut, Ibu juga bisa menggunakan air beras untuk kulit. Air beras ternyata memberikan efek menenangkan pada kulit.

Praktisi Ayurveda juga merekomendasikan air beras sebagai obat yang efektif untuk kulit yang meradang. Kandungan air beras ternyata memiliki fungsi pelembap, antioksidan yang dapat memperbaiki sirkulasi darah serta mencegah penuaan dini.

Air beras bahkan dapat melindungi kulit Ibu dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Ingat masker tepung beras yang sering disebut "bedak dingin"? Nah, itu dia.

Lalu seperti apa cara tepat menggunakan air beras agar bermanfaat bagi rambut dan kulit?

- Tambahkan beberapa tetes minyak esensial seperti rosemary, lavender atau tea tree ke dalam air beras untuk menambah manfaatnya. Setelah keramas, siram rambut dengan air beras tadi dan pijat dengan lembut. Setelah itu, Ibu bisa mendiamkan selama 4-5 menit. Siapkan air hangat suam suam kuku untuk membilasnya. Lakukan hal ini satu hingga dua kali dalam seminggu.

- Air beras aman digunakan semua jenis kulit seperti kulit kering, berminyak, atau normal. Cara pakainya sama dengan aplikasi losion ke wajah. Jika ditambahkan dengan beras tumbuk (atau tepung beras buatan sendiri), manfaatnya akan sama dengan scrub. Masaklah beras terlebih dahulu sampai empuk sebelum airnya habis (beras aron). Setelah itu saring hingga mendapatkan sarinya. Cara ini bisa menjadi alternatif selain mengambil air dari bekas cucian beras.

Berita ini pernah dipublikasikan Nikita.Grid.ID dengan Judul "Jangan Buang Air Cucian Beras! Ini Daftar Manfaatnya untuk Rambut dan Kulit"

Editor: Didik Trio
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help