Berita Banjarmasin

Sutarto Hadi: Pemenang Lelang Jabatan Tergantung Gubernur Kalsel

Proses seleksi untuk mengisi empat jabatan di Pemprov Kalsel terus dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel.

Sutarto Hadi: Pemenang Lelang Jabatan Tergantung Gubernur Kalsel
banjarmasinpost.co.id/rahmadhani
Rektor ULM Sutarto Hadi saat upacara Peringatan Hari Pahlawan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Proses seleksi untuk mengisi empat jabatan di Pemprov Kalsel terus dilakukan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel. Sampai saat ini, empat nama yang sudah diusulkan sudah melalui proses tes wawancara.

Ketua Tim Panitia Seleksi Prof Sutarto Hadi menyebut, setelah diperhatikan keempat nama tersebut sudah mempunyai pengalaman di birokrasi.

"Hanya memang perlu penajaman terhadap bidang tugas karena mereka akan duduki. Karena di sini jelas jabatan yang akan dicari adalah yang bisa bantu gubernur dan sekda. Tidak kalah penting kesamaan visi dengan gubernur, mudahan terpilih yang terbaik dari mereka," kata Prof Sutarto Hadi yang juga Rektor ULM Banjarmasin.

Secara umum, paparan dan makalah empat orang tersebut masih memenuhi syarat, meski nilainya tidak tinggi. Meskipun dirinya bisa membuat rekomendasi, namun penentuan akhir adalah Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

"Hasil rekomendasi sudah langsung serahkan hari itu juga ke Pak Sahbirin Noor. Namun pansel sekali lagi sifatnya rekomendasi. Namanya rekomendasi boleh dipakai atau tidak dipakai," kata Sutarto Hadi.

Selain Sutarto, dalam panitia seleksi, juga ada Jamaluddin dan Mardiana, Haris Makkie dan ada satu dari pusat yang juga Ketua BPKP M Maskur. "Kami menjaga sekali. Asessment harus fair, tidak ingin ada protes. Semua pansel harus betul-betul laksanakan amanat," harap Sutarto.

Sementara itu, Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie menjelaskan, dalam proses seleksi bisa saja semua nama lulus semua. Namun ada kemungkinan juga tak ada yang lulus sama sekali. "Nah kan namanya seleksi. Bisa saja keempatnya tidak lolos. Rekomendasi sudah disampaikan ke gubernur," kata dia.

Diketahui, ada yang menarik dalam lelang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemrov Kalsel. Disebut ada nama nama pejabat yang sempat difungsionalkan pada 3 Januari 2017 lalu. Nama tersebut tertera dalam lama pengumuman website BKD Provinsi Kalsel dan dinyatakan lulus administrasi.

Ada empat jabatan yang dilelangkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalsel untuk memberikan jabatan kepada para fungsional. Dari 4 jabatan itu, diikuti oleh 7 orang pejabat fungsional. Setelah melalui tahapan administrasi, tinggal menyisakan 4 nama.

Mereka adalah H Munaji, Sufian AH, Siti Rahmi Fatmawati dan Heriansyah. Munaji saat ini menjabat analis kepegawaian madya pada BKD Kalsel. Ia mengikuti lelang JPT Pratama untuk Kepala Biro Kesra Setdaprov Kalsel. Kemudian Siti Rahmi Fatmawati mengemban jabatan fungsional penyuluh pertanian madya pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel. Ia mengikuti lelang jabatan Kepala Dinas Ketahanan Pangan.

Selanjutnya Sufian AH yang menjabat pengawas penyelenggara urusan pemerintah di daerah madya pada inspektorat Kalsel mengikuti lelang Kepala Dinas Perindustrian. Dan terakhir Heriansyah yang menjabat penyuluh sosial madya pada Dinas Sosial Kalsel terdaftar di Kepala Dinas Pariwisata.

Keempat aparatur sipil negara (ASN) ini sudah mengikuti ujian kompetensi pada tanggal 10 Mei lalu. Untuk selanjutnya, mereka akan mengikuti ujian pembuatan makalah dan paparan. Jika oleh tim panitia seleksi dinyatakan lulus, maka akan direkomendasikan kepada gubernur. Selanjutnya adalah kewenangan gubernur untuk mempercayakan jabatan kepada mereka atau tidak. (lis)

Seleksi Pejabat
- Pemprov Kalsel membuka lelang Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) Pratama
- Ada tujuh jabatan yang dilelang
- Dari sejumlah nama, ada empat orang yang sebelumnya difungsionalkan
- Setelah proses seleksi selesai, keluar surat rekomendasi dari panitia seleksi

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved