Home »

Video

Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO: Hasilkan Bibit Unggul Pisang Kepok Dengan Sistem Kultur Jaringan

Jenis pisang kepok ini merupakan tanaman yang tengah dibudidayakan dengan sistem kultur jaringan di UPT Balai Benih Dinas TPH Kabupaten Banjar

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jenis pisang kepok ini merupakan salah satu tanaman yang tengah dibudidayakan dengan sistem kultur jaringan di UPT Balai Benih Dinas TPH Kabupaten Banjar.

Terlihat di luar laboratorium UPT Balai Benih Dinas TPH Banjar ratusan bibit pusang kepok hasil kultur jaringan tumbuh subur dibawah naungan sarlon. Tampilan bibit tanaman pisang ini terlihat juga cantik.

Kepala UPT Balai Benih TPH Banjar, Lili Marlina menjelaskan sistem kultur jaringan ini sudah mereka terapkan sejak 2013, Selasa (23/5/2017).

Saat itu, Pertama kali mereka mengembangkan pertama kali pisang kepok.

"Sekarang kita sudah berkembang membibitkan pisang talas dan pisang kamdevis. Di laboratorium itu mereka juga kembangkan bermacam anggrek.

Menurutnya, saat itu mereka memilih membudidayakan pisang kepok karena buah pisang kepok merupakan tanaman pisang yang digemari masyarakat Banjar.

Bahkan, dulu di Kabupaten Banjar merupakan sentra penghasil pisang kepok. Tiap hari, truk puso melintas mengangkut pisang ini ke pulau Jawa. Tetapi semenjak serangan Layu Bakteri Produksi Pisang Kepok jauh menurun.

Daerah ini, tidak lagi menghasilkan pisang kepok. Sementara, buah pisang kepok tetap dicari masyarakat.

"Makanya kita budidayakan dengan sistem Kultur Jaringan. Sistem kultur jaringan ini memungkinkan kita mendapatkan anakan bibit pisang secara massal. Satu bonggol kecil ini kita bisa hasilkan sampai seribu bibit pisang," katanya. (*)

Penulis: Hari Widodo
Editor: Syaiful Akhyar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help