Aceh

Pedagang Tak Hiraukan Seruan Gubernur, Harga Daging Saat Meugang Tembus Rp 200 Ribu/Kg

Daging sapi dengan harga tertinggi (Rp 200.000/kg) tercatat Kamis (25/5) pagi hingga siang di Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan

Pedagang Tak Hiraukan Seruan Gubernur, Harga Daging Saat Meugang Tembus Rp 200 Ribu/Kg
SERAMBI/BUDI FATRIA
Warga membeli daging meugang yang dijual di kawasan Peunayong, Banda Aceh. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANDA ACEH - Uroe makmeugang menjelang puasa Ramadan tahun ini ditandai dengan melonjaknya harga daging sapi.

Harga per kilogramnya menembus angka Rp 200.000, lebih mahal Rp 50.000 dari harga tertinggi tahun lalu.

Instruksi Gubernur Aceh agar daging meugang tidak dijual di atas Rp 130.000/kg tak digubris pedagang.

Daging sapi dengan harga tertinggi (Rp 200.000/kg) tercatat Kamis (25/5) pagi hingga siang di Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.

Meski sangat mahal, namun sejumlah pembeli terpaksa membelinya.

Saking mahalnya harga daging sapi di kecamatan itu kemarin, sampai-sampai Tgk Ismizar, mantan anggota DPRK Aceh Selatan mengatakan kepada Serambi, “Harga daging meugang di Kotafajar termahal di dunia.”

Menurutnya, instruksi Gubernur Aceh, dr Zaini Abdullah yang tak membolehkan pedagang menjual daging lebih dari Rp 130.000/kg, tak dipatuhi.

“Seharusnya bukan sekadar instruksi, tapi Pemerintah Aceh perlu memberi subsidi agar pedagang daging tidak merugi,” saran May Fendri, warga Tapaktuan, kepada Serambi kemarin.

Menurutnya, langkah yang diambil Pemerintah Aceh hanyalah separuh hati. Semestinya ketika mengeluarkan instruksi tersebut, Gubernur Zaini Abdullah melalui dinas terkait juga turun membantu pedagang dengan cara subsidi agar daging tidak dijual di atas harga rata-rata.

Informasi yang diterima Serambi dari beberapa kecamatan lain di Aceh Selatan, harga daging meugang kemarin paling murah Rp 170.000. “Padahal tahun lalu cuma Rp 150.000/kilo,” kata Ramli (45), warga Labuhan Haji.

Halaman
12
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved