Ekonomi dan Bisnis

Jaga Inflasi, Harga BBM dan Tarif Listrik Dipastikan Tidak Naik Sampai Lebaran

pemerintah tidak akan mengubah harga barang yang selama ini diatur oleh pemerintah (administered price) termasuk harga BBM dan tarif listrik.

Jaga Inflasi, Harga BBM dan Tarif Listrik Dipastikan Tidak Naik Sampai Lebaran
banjarmasinpost.co.id/sudarti
Para pengendara sepeda motor dan mobil antre untuk mendapatkan BBM jenis pertamax, karena BBM jenis premium dan pertalite kosong, Selasa (20/12/2016). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sejumlah menteri dan pimpinan lembaga negara menggelar rapat koordinasi terkait inflasi di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Usai rapat, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution memastikan, pemerintah tidak akan mengubah harga barang yang selama ini diatur oleh pemerintah (administered price) termasuk harga BBM dan tarif listrik.

"Kami tidak ada rencana perubahan harga. Tidak akan ada (kenaikan BBM dan tarif listrik) sampai lebaran," ujar Darmin kepada awak media.

Keputusan itu diambil untuk menjaga angka inflasi pada Mei dan Juni 2017 tetap rendah. Sebab selama ini sumbangsih administered price terhadap tingkat inflasi terbilang tinggi.

Pemerintah menuturkan, harga-harga kebutuhan pokok sudah mengalami kenaikan pada minggu kedua dan ketiga Mei 2017. Hal itu terjadi lantaran tingginya permintaan jelang Ramadhan.

Meski begitu, Darmin masih yakin harga kebutuhan pokok bisa turun pada minggu terakhir Mei 2017. Dengan begitu diharapkan inflasi bisa terjaga diangka 0,2 hingga 0,25 persen pada Mei.

"Kami percaya bahwa inflasi masih akan sedikit turun kembali di akhir bulan. Sehingga inflasinya ke depan lebih baik," kata Darmin. (KOMPAS.com)

Berita ini sudah dipublikasikan di Kompas.com dengna judul "Pemerintah Pastikan Harga BBM dan Tarif Listrik Tidak Naik Sampai Lebaran"

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help