Kuliner

Lembutnya Daging Gindara Rasa Balado

Di All Dining Restaurant di lantai dua Hotel Rattan Inn yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Km 5, Banjarmasin, ada menu spesial berbahan ikan Gindara.

Lembutnya Daging Gindara Rasa Balado
Halaman 14 Harian Banjarmasin Post Edisi Minggu (28/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pernah endengar atau bahkan melihat Gindara? Ikan satu ini memang tak ada di Kalimantan Selatan. Di Banua ini ikan yang mudah ditemui antara lain Patin, Gabus, Nila, dan Bawal yang sering dijadikan lauk.

Nah, di All Dining Restaurant di lantai dua Hotel Rattan Inn yang beralamat di Jalan Ahmad Yani Km 5, Banjarmasin, ada menu spesial berbahan ikan Gindara. Nama menunya Gindara Bakar dengan Saus Balado.

Chef Rattan Inn, Edi Suwarno, menuturkan ikan Gindara memang tidak ada di Indonesia. Ikan jenis ini banyak ditemui di Amerika Tengah. “Ikan ini diimpor dari sana (Amerika),” ucapnya kepada BPost, Sabtu (27/5).

Tekstur daging dan warna ikan ini mirip dengan ikan Gabus atau Haruan. “Lidah orang Banjar kan suka dengan Haruan. Nah, Gindara ini mungkin cocok dengan lidah orang Banjar. Tekstur dagingnya halus, benar-benar mirip Haruan,” tandasnya.

Perbedaan antara Gindara dan Haruan, sebut Edi, yakni pada ukuran fisik. Gindara berukuran lebih besar. Ciri khas tekstur daging Gindara yang lembut juga mirip ikan Salmon, bedanya daging salmon merah sementara gindara putih.

Di restoran tersebut, ikan Gindara disajikan dengan nasi putih dipadu lalapan seperti daun selada dan tomat. Bagian atas daging ikannya disirami sambal balado yang pedas sehingga pastinya sangat menggoda hasrat kuliner Anda.

Meski pedas, namun Anda tak perlu khawatir karena pedasnya tak terlalu banyak. Level pedasnya bisa diminta saat memesan, apakah ingin yang sedikit pedas, sedang atau sangat pedas. Bagi yang tidak suka pedas juga tetap dilayani. Menu ini seharga Rp 62 ribu.

Menu tersebut adalah satu dari dua sajian menu promosi selama Mei 2017 hingga Juni 2017. Satu menu lainnya bernuansa Jepang yaitu Shan Shoku Yaki. Ini adalah menu yang berisi seperangkat makanan berupa sup miso, daging seperti sapi, kakap dan ayam.

Masakan dari Negeri sakura itu dipersedap dengan campuran beberapa saus khas Jepang yakni sayuran rebus seperti jagung, tauge, buncis, kentang dan jamur enoki serta kudapan berupa es krim teh hijau atau macha. Semuanya disajikan dalam satu nampan seharga Rp 85 ribu.

Menyantap satu set sajian ini sudah cukup membuat perut Anda kenyang karena isinya banyak. Tekstur daging sapinya terasa lembut dan tidak alot. Ada sedikit rasa manis dan gurih.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help