Mengapa Melania Trump Pilih Busana Hitam Saat Bertemu Paus?

Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Donald Trump dan keluarganya di Vatican Roma, menjadi perhatian dunia.

Mengapa Melania Trump Pilih Busana Hitam Saat Bertemu Paus?
gettyimages
Paus Fransiskus menerima kunjungan keluarga Donald Trump di Vatican (24/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pertemuan Paus Fransiskus dengan Presiden Donald Trump dan keluarganya di Vatican Roma, menjadi perhatian dunia. Selain wajah muram Paus, salah satu alasannya adalah pilihan busana Melania dan Ivanka Trump yang serba hitam.

Melania dan Ivanka memilih gaun hitam dan kerudung hitam. Gaun Melania merupakan rancangan Dolce & Gabbana.

Meski dalam audiensi dengan Paus Fransiskus tidak pernah diterapkan aturan dress code untuk wanita, tetapi kebanyakan tamu-tamu mengikuti protokol berbusana yang konservatif dan sudah berlaku sejak lama.

Menurut tradisi, wanita harus memakai gaun hitam minimal melebihi lutut dan lengan panjang, lengkap dengan penutup kepala hitam (mantila) bila ingin bertemu Paus.

Hanya segelintir wanita yang memiliki keistimewaan "privilege du blanc" atau keistimewaan memakai putih. Ini berarti mereka diperbolehkan memakai baju putih pada momen-momen penting yang mereka pilih.

Menurut World Heritage Encyclopedia, Ratu Italia, Belgia, dan Spanyol, grand duchesses of Luksemburg, dan puteri dari keluarga bangsawan House of Savoy memiliki privilege du blanc di Vatican.

Para wanita dari keluarga bangsawan tersebut memiliki satu kesamaan: mereka adalah bangsawan penganut Katolik. Meski begitu, tidak semuanya otomatis menikmati keistimewaan itu.

Di era modern ini, para ibu negara, ratu, dan puteri, juga tetap mengikuti aturan ketat dalam hal berbusana di Vatican.

Pada tahun 2013, Ratu Rania dari Jordania juga menggunakan gaun hitam saat bertemu dengan Paus Fransiskus di Vatican. Aturan ini agak longgar jika pertemuan dilakukan di tempat lain. Misalnya saja seperti Ratu Rania memilih baju putih saat menyambut Paus di Jordania.

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved