Nasib Bisnis Distro Lokal

Pedagang Banjarmasin Malah Beli dari Tanah Abang

Dia mengakui tipikal para pelaku UKM lokal Banjarmasin pandai berdagang namun masih belum begitu baik dalam hal memproduksi.

Pedagang Banjarmasin Malah Beli dari Tanah Abang
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Senin (29/5/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMAISN - Kepala Dinas UKM dan Ketenagakerjaan Kota Banjarmasin Eko Priyo menyatakan, dari sekian banyak pelaku usaha kecil menengah (UKM) lokal Banjarmasin termasuk di sektor clothing line atau distro, banyak yang menjual produknya ke luar Banjarmasin, bahkan di luar Kalimantan.

“Hal ini sangat disayangkan, contoh kaus bertuliskan Ulun Urang Banjar dan boneka bekantan tapi dipesan dan didatangkan dari Tanah Abang sana. Ini kan bisa lebih indah kalau produk khas kita di produksi sendiri di Banjarmasin,” beber Eko.

Dia mengakui tipikal para pelaku UKM lokal Banjarmasin pandai berdagang namun masih belum begitu baik dalam hal memproduksi. UKM di sektor produksi sebenarnya sudah sering dilatih untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan memproduksi namun tidak begitu banyak yang bisa bertahan untuk melakukan produksi.

“Di program wirausahawan baru dilatih misalnya cara dan teknik sablon, bagaimana cara sablon yang baik, murah dan efektif. Sasirangan juga diajari berbagai motif-motif yang baik, jadi tidak terpaku motif-motif yang monoton,” terang Eko.

Namun, dia mendukung usaha dan bisnis distro lokal asal tetap memperhatikan dan menjaga norma-norma ketimuran. Dia berharap, jangan sampai distro lokal Banjarmasin membuat tren berbau politik seperti gambar palu arit, atau gambar dan tulisan yang menyinggung kalangan atau kelompok tertentu. (acm)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved