Home »

News

» Sains

Benarkah Ini Katak Raksasa? Begini Penjelasannya

Di laman Facebook Texas Hunting Association, disebutkan seorang pemburu menunjukkan seekor katak berukuran raksasa dengan berat 5,8 kilogram

Benarkah Ini Katak Raksasa? Begini Penjelasannya
iflscience.com
Seekor katak raksasa dari Texas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Segala sesuatu lebih besar di Texas, AS. Apakah hal itu benar adanya? Seperti foto di sini. Sebuah foto yang menunjukkan betapa raksasanya seekor katak yang dipegang oleh seorang pemburu?

Di laman Facebook Texas Hunting Association, disebutkan seorang pemburu menunjukkan seekor katak berukuran raksasa dengan berat 5,8 kilogram di Batesville, Texas.

Postingan itu telah dibagikan lebih dari 250 ribu kali dan ribuan komentar. Rata-rata menyatakan kekagumannya.

Katak yang dianggap terbesar di Indonesia yang belum lama ini ditemukan di Enrekang, Sulsel, hanya memiliki berat berkisar 1,5 kg.

Steve Lightfoot, juru bicara Texas Parks & Wildlife Department, mengatakan kepada situs berita lokal Houston Chron bahwa foto tersebut memang foto asli dan bukan gambar yang "di-Photoshop-kan".

Namun, dia mengatakan bahwa foto itu mungkin sedikit “menipu”.

"Tidak sebesar yang terlihat," kata Lightfoot. "[Ini adalah] ilusi optik karena posisi katak yang menghadap kamera. Mirip dengan apa yang kita lihat saat nelayan mengangkat ikan untuk membuatnya tampak lebih besar. Meski masih merupakan katak besar.”

Foto itu merupakan produk dari apa yang disebut "forced perspective " - sebuah ilusi visual yang membuat objek tampak lebih besar daripada yang sebenarnya dengan mengacaukan perspektif kita.

Kemungkinan besar katak menempel pada tongkat panjang yang posisinya cukup dekat dengan kamera, seperti tikus seukuran anjing yang kabarnya ditemukan di London tahun lalu.

"Gambar ini beredar dengan sebuah cerita yang menyebutkan bahwa itu adalah bullfrog seberat 13 lb (sekitar 5,8 kg).

Tidak mungkin akan seberat itu. Itu trik sudut kamera yang besar," kata David Steen, asisten profesor penelitian Konservasi dan Ekologi Margasatwa lewat Twitter.

Katak terbesar di Bumi adalah katak Goliat, dengan panjang 32 cm (12,6 inci) yang ditemukan di sekitar Kamerun dan Papua Nugini di lintas ekuator.

Beratnya bisa mencapai 3,25 kg (7,17 lb). Katak di Amerika, di sisi lain, biasanya tumbuh setinggi 15 cm (6 inci) dan beratnya 0,6 kilogram (1,5 lb).

Editor: Edinayanti
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help