Berita Tapin

Kadisdik Minta Siswa Melayat Jika Ada Keluarga Warga Sekolah yang Meninggal

Sekolah-sekolah dianjurkan memasang gambar-gambar pahlawan, tulisan Pancasila dan butir-butirnya.

Kadisdik Minta Siswa Melayat Jika Ada Keluarga Warga Sekolah yang Meninggal
Banjarmasinpost.co.id/Ibrahim Ashabirin
Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tapin H Juwaini mengumpulkan kepala sekolah SMP dan madrasah tsanawiyah, Kamis (1/6/2017) di aula Disdik Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Tapin H Juwaini mengumpulkan kepala sekolah SMP dan madrasah tsanawiyah, Kamis (1/6/2017) di aula Disdik Tapin.

Momentum hari libur sekaligus penyerahan hasil UN SLTP se Tapin itu dimanfaatkan oleh Kadisdik menyampaikan berbagai hal seputar pendidikan di antaranya peningkatan mutu pendidikan, pendidikan karakter dan kedisiplinan.

Menurut Kadisdik Tapin, H Juwaini, sekolah di perkotaan dan sekolah di pinggiran, jam proses belajarnya sama. "Jangan sampai mentang-mentang sekolah pinggiran lalu lebih awal pulangnya, sehingga bisa berdampak pada kurangnya mutu pendidikan. Tetapi untuk sekolah SMP sudah bagus," kata Juwaini.

"Bupati kita sangat perhatian dan memperhatikan dunia pendidikan dan bupati sering secara mendadak sidak ke sekolah pinggiran," ungkap Juwaini di depan para guru dan kepala sekolah.

Tidak kalah penting, kata Juwaini, masalah pendidikan karakter. Sekolah-sekolah dianjurkan memasang gambar-gambar pahlawan, tulisan Pancasila dan butir-butirnya.

Menurut Juwaini, ada satu cara pendidikan karakter yang sederhana, tetapi sangat positif bagi anak, yaitu kalau ada di lingkungan sekolah warga yang meninggal dunia, anjurkan anak-anak melayat ke rumah duka.

"Cukup 15 menit para siswa dibawa melayat dengan silaturahim dan mendoakan, itu sangat bagus untuk diterapkan sekolah dalam rangka pendidikan karakter dan bentuk kepedulian sekolah terhadap lingkungan," jelas H Juwaini.

Penulis: Ibrahim Ashabirin
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved