Ekonomi dan Bisnis

Menteri PPN Sebut Banyak Pemodal Asing Ingin Berinvestasi di Sektor Infrastruktur

Pemerintah mengklaim tidak sedikit pemodal asing yang mulai tertarik berinvestasi di sektor infrastruktur.

Menteri PPN Sebut Banyak Pemodal Asing Ingin Berinvestasi di Sektor Infrastruktur
(KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI)
Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (KOMPAS.com/ESTU SURYOWATI) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah mengklaim tidak sedikit pemodal asing yang mulai tertarik berinvestasi di sektor infrastruktur.

Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan mencontohkan, salah satunya yakni Kanada.

Negara itu ingin menggunakan dana pensiunnya untuk investasi di Indonesia di bidang infrastruktur.

"Mereka ingin sekali masuk infrastruktur tidak lagi di Kanada, tapi di negara lain. Mereka mulai lihat Indonesa," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Jumat (2/6/2017).

Meski banyak yang ingin masuk, mantan Menteri Keuangan RI itu menyebut ada potensi yang menguntungkan namun juga merugikan.

"Ini tahap yang kritis. Kita sudah mendeklarasikan bahwa infrastruktur adalah lahan investasi. Jadi kalau tahapan ini kurang bagus akan ada sesuatu yang hilang," jelasnya.

Terkait dengan investasi di bidang infrastruktur, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Haryadi Sukamdani mengungkapkan, salah satu masalah yang kerap membuat pengusaha enggan berinvestasi di sektor infrastuktur adalah lahan.

Menurut dia, masalah pembebasan lahan memiliki dampak besar terhadap penyelesaian proyek infrastruktur itu sendiri. Bila pembebasan lahan tidak kunjung rampung, maka proyek dipastikan molor.

Selain itu, dalam proyek pembangunan infrakstruktur, penjaminan pemerintah sangat penting. Sebab investasi di sektor tersebut membutuhkan jangka waktu panjang dan biaya investasi yang besar sehingga rentan terhadap perubahan kebijakan pemerintah. (KOMPAS.com)

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Pemerintah Klaim Pemodal Asing Mulai Lirik Investasi di Infrastruktur

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Intisari Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved