Hasil Ujian Nasional SMP di Kalsel

Nilai UN Hayati Ungguli Siswa Sekolah Favorit, SMP Swasta dan Pinggiran Bikin Kejutan

Siswa sekolah di pinggiran dan sekolah yang baru berdiri, mencetak prestasi membanggakan, bahkan mengalahkan siswa sekolah berstatus favorit.

Nilai UN Hayati Ungguli Siswa Sekolah Favorit, SMP Swasta dan Pinggiran Bikin Kejutan
Halaman 1 Harian Banjarmasin Post Edisi Sabtu (3/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hasil ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kalsel memunculkan kejutan. Siswa sekolah di pinggiran dan sekolah yang baru berdiri, mencetak prestasi membanggakan, bahkan mengalahkan siswa sekolah yang sudah mapan dan berstatus favorit.

Seperti yang terjadi pada Hayati, siswi SMPN 2 Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar. Pada pengumuman UN SMP di Banjar, Jumat (2/6), Hayati mendapatkan nilai terbaik se-kabupaten.

Warga Jambu Burung, Kecamatan Beruntung Baru itu meraih total nilai 341,50. Hayati mengungguli dua pelajar SMPN 1 Martapura yakni Rizky Melinda Sari yang mendapat nilai total 340.50 dan Putri Syarfina Andivo Wahyudi yang meraih nilai 337.50. Rizky berada di peringkat dua dan Putri di posisi ketiga.

M Jaidi, Kepala SMPN 2 Aluh-Aluh terharu saat menyampaikan hasil UN kepada orangtua siswa. Dia bahkan sempat tidak sanggup bicara.

Selama ini Hayati memang diketahui anak yang pandai. Sejak duduk di kelas 1 selalu juara kelas. Begitu pula, hasil ujian akhir sekolah (UAS) saat diumumkan ketika perpisahan kemarin Hayati peraih nilai terbaik di sekolah.

“Tetapi untuk nilai terbaik UN se-Kabupaten Banjar kami benar-benar tidak menduga. Makanya, saya sampai tidak bisa berkata-kata lagi saat menyampaikan hasil UN kepada orangtua siswa hari ini. Saking terharunya,” tutur Jaidi tersendat-sendat.

Rahmatilah Kabid Bina SMP, mengaku terkejut dengan hasil UN kali ini. Peraih nilai terbaik se Kabupaten Banjar diraih siswa dari sekolah pinggiran. “Ini membuktikan kualitas pendidikan di sekolah pinggiran tidak kalah dengan sekolah di kota,” ujarnya.

Sementara di Kota Banjarmasin, kejutan datang dari SMP Dhammasoka. Sekolah yang baru berusia tiga tahun ini menjadi sekolah dengan rata-rata nilai terbaik se-Kota Banjarmasin. Sekolah beralamat di Jalan Pierre Tendean ini meraih rata-rata 311.28, unggul dari SMP Santa Maria ditempat kedua (288.2) dan SMP Kanaan ditempat ketiga (284,97).

Sekolah swasta itu juga mendominasi peraih nilai UN tertinggi di Banjarmasin dengan menempati urutan pertama dan ketiga.

Jojok Suyanto, Kepala SMP Dhammasoka, tidak menyangka nilai ujian nasional sekolahnya mendapatkan predikat nomor satu se-Kota Banjarmasin.

“Kemarin waktu rapat cuma diberi tahu nama siswa terbaiknya saja, tidak ada informasi sekolah peraih UN tertinggi. Jadi kami belum tahu,” ucapnya, Jumat (2/6).

Sebagai informasi, SMP Dhammasoka Banjarmasin mendapat peringkat pertama peraih nilai sekolah tertinggi UN tahun 2017. Sekolah yang berbasis Buddhis itu tahun ini meluluskan 13 siswa pada angkatan pertama. (wid/ell/rmd)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post Edisi Sabtu (3/6/2017)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help