Berita Banjarmasin

Kereeen! Rancangan Jembatan Kayutangi Ujung, Bakal Mengurai Kemacetan di Utara

jembatan penghubung antara Banjarmasin dan Kabupaten Batola tersebut dinilai terlalu sempit dan tak sebanding dengan jumlah kendaraan yang lewat

Kereeen! Rancangan Jembatan Kayutangi Ujung, Bakal Mengurai Kemacetan di Utara
Istimewa
Maket jembatan Kayutangi ujung.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kemacetan kerap terjadi di Jembatan Kayutangi Ujung Jalan Brigjen H Hasan Basri.

Pasalnya jembatan penghubung antara Banjarmasin dan Kabupaten Batola tersebut dinilai terlalu sempit dan tak sebanding dengan jumlah kendaraan yang lewat.

Tak jarang kendaraan roda empat yang lalu-lalang harus bergantian ketika melintas di atas jembatan.

Terutama bila truk-truk besar dari arah Banjarmasin atau sebaliknya sedang melintas di atas jembatan.

Pemko Banjarmasin, Pemkob Batola dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XI Kementerian PUPR merencanakan untuk merenovasi Jembatan Kayutangi Ujung yang juga disebut Jembatan Alalak.

Maket jembatan Kayutangi ujung.
Maket jembatan Kayutangi ujung. (Istimewa)

Wali Kota Banjamasin Ibnu Sina mengatakan pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XI Kementerian PUPR menawarkan tiga pilihan konsep jembatan.

Pertama membongkar jembatan yang ada dengan dibangun jembatan baru, yang kedua membangun sisi samping kiri dengan membiarkan jembatan yang ada. Dan konsep ketiga akan membangun sisi kanan dengan membiarkan pula jembatan yang ada.

Ibnu mengatakan, pihaknya sendiri lebih condong untuk memilih pilihan ketiga dengan tetap membiarkan jembatan lama beroperasi sambil membangun jembatan baru di sisi kanan jembatan lama.

"Jadi nanti konsepnya jembatan kembar," katanya.

Sementara itu, desain yang diinginkan oleh Ibnu Sina sendiri, berupa desain jembatan cable stayed.

"Mirip Jembatan Pasupati di Bandung. Dari sisi artistiknya sangat baik. Dengan konsep Jembatan kembar, satu sisi artistik bisa di wilayah Banjarmasin, satu lagi di wilayah Kabupaten Batola," terangnya.

Ketua Satker Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah XI Kementerian PUPR Ifansyah Supriadi mengatakan, pihak Kementerian PUPR sendiri sudah menyiapkan anggaran sekitar Rp 90 miliar untuk Jembatan Kayutangi Ujung. (*)

Penulis: Rahmadhani
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help