Berita Tabalong

BPOM Periksa Makanan di Sejumlah Pasar Ramadan, Ini Hasilnya

Sedangkan sampel yang diambil sekitar 186 jenis dari berbagai jenis jajanan yang dijual di pasar, terutama untuk Pasar Ramadan.

BPOM Periksa Makanan di Sejumlah Pasar Ramadan, Ini Hasilnya
Banjarmasinpost.co.id/Dony Usman
Petugas memeriksa sampel makanan yang dijual di sejumlah Pasar Ramadan di Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Ratusan jenis makanan dan jajanan dari beberapa Pasar Ramadan diambil sampelnya untuk diperiksa kandungan yang ada di dalamnya.

Pemeriksaan ini dilakukan tim gabungan dari Balai BPOM Banjarmasin dan Dinas Kesehatan Tabalong selama dua hari, Senin (5/6/2017) dan Selasa (6/6/2017).

Lokasi pemeriksaan di antaranya, Pasar Ramadan Kelua, Pasar Ramadan Sarabakawa, Pasar Ramadan Pusat Kuliner, Pasar Kapar dan Pasar Lama Murung Pudak.

Sedangkan sampel yang diambil sekitar 186 jenis dari berbagai jenis jajanan yang dijual di pasar, terutama untuk Pasar Ramadan.

Pemeriksaan sampel makanan sendiri tidak menunggu lama, karena langsung dilakukan tak jauh dari lokasi pasar Ramadan.

Hasilnya, tak ada satupun kandungan bahan berbahaya, seperti pengawet, pewarna pakaian dan lainnya, ditemukan dari semua sampel yang telah diperiksa.

"Alhamdulillah dari pemeriksaan yang dilakukan hasilnya negatif, semuanya tidak ditemukan bahan berbahaya," kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinkes Tabalong, H Ahmad Baihaki, Rabu (7/6/2017)

Menurutnya, seandainya dari hasil pemeriksaan ada ditemukan bahan berbahaya maka hasilnya akan direkomendasikan ke pedagang yang bersangkutan.

Selain itu pembinaan juga akan dilakukan supaya jangan lagi menjual makanan atau minuman yang mengandung zat berbahaya.

Disampaikannya juga kegiatan seperti ini merupakan program rutin dalam setiap tahun untuk melakukan pengawasan di Pasar Ramadan.

Untuk tahun ini sasaran lokasi yang dilakukan sebanyak tujuh lokasi, yakni Pasar Ramadan Kelua, Pasar Ramadan Sarabakawa, Pasar Ramadan Pusat Kuliner, Pasar Kapar, Pasar Simpang Tiga Hikun dan Pasar Lama Murung Pudak.

Penulis: Dony Usman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved