Diembargo Tak Bisa ke Eropa, Wisman Qatar Cari Destinasi Wisata Lain, Salah Satunya Bali

Wisatawan dari Qatar ke Indonesia dinilai bisa meningkat secara jumlah, meski negara tersebut tengah dilanda krisis diplomatik.

Diembargo Tak Bisa ke Eropa, Wisman Qatar Cari Destinasi Wisata Lain, Salah Satunya Bali
AFP Photo/Karim Sahib
Qatar Airways 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Wisatawan dari Qatar ke Indonesia dinilai bisa meningkat secara jumlah, meski negara tersebut tengah dilanda krisis diplomatik. Hal itu lantaran wisatawan Qatar bakal mencari destinasi wisata lain untuk berlibur.

"Wisatawan Qatar itu karena sudah diembargo gak bisa ke Eropa, Timur Tengah. Nanti bisa cari tujuan wisata lain," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Halal Kementerian Pariwisata, Riyanto Sofyan saat dihubungi KompasTravel, Selasa (6/6/2017).

Ia mengatakan wisatawan asal Qatar bisa memilih Bali sebagai tempat liburan. Soalnya, Qatar memiliki akses penerbangan langsung ke Jakarta dan Bali.

"Justru bisa menambah wisatawan Qatar ke Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, jumlah wisatawan Qatar yang berpotensi untuk mengunjungi Indonesia sebanyak 200.000 orang. Sedangkan, jumlah warga negara di Qatar sendiri mencapai dua juta orang.

"Biasanya wisatawan Qatar ke Abu Dhabi atau Dubai. Kalau tak bisa, jadi pergi ke tempat lain. Ya, seperti ke Bali," tambah Riyanto.

Tujuh negara di kawasan Teluk yaitu Arab Saudi, Mesir, Bahrain, Libya, Uni Emirat Arab, Yaman dan Maladewa memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Alasannya, Qatar dituding melakukan langkah yang mengganggu keamanan kawasan Teluk.

Kantor berita Arab Saudi SPA menyebutkan bahwa Riyadh telah menutup perbatasannya dan memutus seluruh kontak darat, laut, dan udara dengan negara di Semenanjung Arab itu.

Qatar menyebut keputusan itu tak bisa dibenarkan dan tidak didasarkan pada fakta-fakta.

Abu Dhabi menuduh Qatar mendukung, mendanai, dan merangkul terorisme, ekstremisme dan organisasi sektarian, kata kantor berita negara itu, WAM.

Maskapai penerbangan Etihad Airways, Emirates dan Flydubai menghentikan semua penerbangan ke dan dari ibu kota Qatar, Doha mulai Selasa (6/6/2017). Tiga negara Teluk mengatakan, mereka menutup wilayah udara dari Qatar Airways.

Berita sudah dipublikasikan di kompas.com berjudul Krisis Diplomatik, Wisman Qatar Bisa Liburan ke Bali

Editor: Edinayanti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help