Kriminalitas Kotabaru

Minta Sumbangan dengan Mencatut Nama Satu Yayasan di Martapura, Dua Pria Ini Diamankan Polisi

Buhory dan Adby dengan mencatut nama Yayasan Nurul Iman, agar mendapatkan sumbangan dari setiap warga yang rumahnya didatangi, Jumat (9/6/2017).

Minta Sumbangan dengan Mencatut Nama Satu Yayasan di Martapura, Dua Pria Ini Diamankan Polisi
Istimewa
Buhory dan Adby 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Langkah cepat dilakukan jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Pulaulaut Utara Kotabaru mengantisipasi bertambah banyaknya jumlah warga yang dirugikan akibat ulah Buhory dan rekannya Adby.

Dua orang asal Dongke, Sumenep, Jawa Timur, ini diamankan untuk diberikan pembinaan di Polsek Pulaulaut Utara sebelum diserahkan ke Dinas Sosial Kotabaru lantaran mencatut nama Yayasan Nurul Iman, Martapura, Kabupaten Banjar.

Hal itu dilakukan Buhory dan Adby dengan mencatut nama Yayasan Nurul Iman, agar mendapatkan sumbangan dari setiap warga yang rumahnya didatangi, Jumat (9/6/2017).

Modus dilakukan Buhory dan Adby, selain mencatut nama Yayasan Nurul Iman, mereka juga memanfaatkan momentum bulan Ramadan 1438 Hijriah demi meraup keuntungan pribadi.

Mereka beralasan dengan memanfaatkan momentum bulan Ramadan, masyarakat mau memberi sumbangan. Mengingat bulan Ramadan bulan penuh hikmah dan keistimewaan bagi seorang mukmin ketika memberikan sumbangan.

Hal itu diakui Buhory dan Adby, saat memberikan keterangan pada Kapolsek Pulau Laut Utara Iptu Gatot EW.

Menurut kapolsek, Burhory dan Adby juga mengaku sudah seminggu melakukan aksi itu di wilayah Kotabaru. Terakhir sebelum diamankan meminta sumbangan mencatut nama Yayasan Nurul Iman, dilakukan Buhory dan Adby di Desa Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Setiap meminta sumbangan secara suka rela dalam sehari Buhory dan Adby mendapatkan uang Rp 150 ribu hingga Rp 200 ribu untuk keuntungan sendiri.

"Saat meminta sumbangan kebetulan yang dimintai sumbangan rumah Bripka Yasin, Bhabinkamtibmas Gunung Ulin," kata Gatot.

"Curiga dengan kedua orang tersebut, setelah disampaikam saya langsung perintahkan keduanya dibawa ke polsek untuk dilakukan penyelidikan. Ternyata mereka berasak dari Dongke, Sumenep," tambahnya. (*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help