Mudik Lebaran

Cek Persiapan Lebaran, Menhub Sampai Masuk Kolong Bus, Mengejutkan yang Ditemukan

Menhub langsung melakukan ramp check pada bus jurusan Tasikmalaya-Cikatomas dengan mengecek kolong bus

Cek Persiapan Lebaran, Menhub Sampai Masuk Kolong Bus, Mengejutkan yang Ditemukan
warta kota
Menteri Perhubungan, Budi Karya melakukan pengecekan ke kolong bus untuk mengetahui apakah bus tersebut layak jalan atau tidak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan kesiapan Terminal Tipe A Indihiang di Tasikmalaya, Jawa Barat menjelang angkutan lebaran 2017, sabtu (10/6).

Menhub langsung melakukan ramp check pada bus jurusan Tasikmalaya-Cikatomas dengan mengecek kolong bus di halamanTerminal Indihiang untuk mengetahui

Menhub juga meminta pengusaha PO untuk melakukan ramp check pada bus yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran.

"Saya juga mengimbau pengusaha-pengusaha PO harus melakukan ramp check dalam beberapa hari ke dinas-dinas setempat. Ini baru hari ke-13, kita kebut seminggu ini dengan all out," kata Budi Karya.

"Kalau perlu 24 jam kita lakukan ramp check. Saya juga akan melarang bagi mereka yang tidak berstiker untuk beroperasi karena resikonya adalah keselamatan," tegas Menhub.

Pada pengecekan tersebut, Menhub didampingi Kepala Dinas Perhubungan Kota Tasikmalaya Jawa Barat A. Zaini Dahlan dan Kepala Terminal Indihiang Jenny M Wirandani.

Melalui ramp check akan, ditemukan bus yang tidak memenuhi standar ataupun tidak laik jalan.

"Ramp check itu sangat penting. Seperti tadi ada satu bus yang tidak lulus ramp check karena kaca depannya pecah, olinya bocor, remnya diikat dengan karet. Jadi kalau dia nikung sedikit pasti akan lepas. Sudah pasti yang seperti ini keselamatannya tidak terjamin dan sangat membahayakan penumpang," terang Menhub.

Untuk itu Menhub menghimbau pemudik yang akan menggunakan bus pada saat mudik lebaran agar menggunakan bus yang sudah berstiker laik jalan.

"Saya menghimbau kepada pemudik, naiklah bus yang ada stiker laik jalan karena bus yang berstiker itu sudah melalui ramp check oleh petugas-petugas kita dari tingkat pusat hingga tingkat daerah," ujar Menhub.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help