Berita Banjarmasin

Kamboja Bakal Dijadikan RBPA Pertama di Indonesia, Ibnu Sina Sayangkan Ada Anak Tenggelam

Meski belum memastikan kapan datang, namun rencana mereka seakan sinyal positif agar nantinya Taman Kamboja bisa jadi RBRA pertama di Indonesia

Kamboja Bakal Dijadikan RBPA Pertama di Indonesia, Ibnu Sina Sayangkan Ada Anak Tenggelam
Halaman 4 Harian Metro Banjar Edisi Cetak Senin (12/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Taman Kamboja direncanakan Pemko Banjarmasin sebagai Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA).

Namun peristiwa tragis justru dialami seorang anak lelaki, berusia delapan tahun, di taman tersebut saat Sabtu (10/6). Dia tenggelam di kolam yang ada.

"Kami sangat prihatin sampai terjadi. Kami turut berdukacita. Tapi kami belum tahu penyebab pastinya karena masih diselidiki polisi," kata Iwan Fitriadi, Kepala Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Banjarmasin, Minggu (11/6) siang.

Padahal, kata dia, tim ahli perencana pembangunan RBRA dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) akan ke Banjarmasin dalam waktu dekat. Mereka akan melihat lokasi taman itu.

Meski belum memastikan kapan datang, namun rencana mereka seakan sinyal positif agar nantinya Taman Kamboja bisa jadi RBRA pertama di Indonesia. "Ini program Kementerian yang menggandeng pihak konsultan dari Jerman," katanya.

Tim ahli, terang Iwan, merekomendasikan desain RBPA yang sesuai dengan kondisi yang ada sekarang."Mereka tinggal melanjutkan dan memodifikasi Taman Kamboja yang ada. Bedanya dengan yang lain, Tama Kamboja akan diberi sertifikat khusus sebagai RBPA yang layak," katanya.

Kementerian PPPA, kata dia, hanya membantu dari sisi perencanaan. Sedangkan pendanaan, tetap diserahkan ke Pemko Banjarmasin. "Ini memang agak berat. Namun sudah kami pikirkan untuk menggaet dana dari program Corporat Sosial Responsibility atau CSR," tukasanya.

Diharapkan, tahun ini perencanaan dan konsultasi bisa selesai dan sudah bisa dianggarkan di 2018.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, pun menyayangkan kejadian tenggelamnya anak di kolam Taman Kamboja. "Jadi perhatian kami. Ke depan akan dijadikan ruang bermain ramah anak dan akan ditata lebih baik. Ini jadi komitmen kami," singkatnya. (rmd)

Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help