Berkah Ramadan

Tidak Bisa Kelola Keuangan Saat Ramadan Anda Akan Tekor, Coba Trik Cerdas Ini

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Home Credit dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Tidak Bisa Kelola Keuangan Saat Ramadan Anda Akan Tekor, Coba Trik Cerdas Ini
kontan
Rupiah 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan multiguna asal Republik Ceko, PT Home Credit Indonesia menggelar diskusi interaktif bertajuk "Cerdas Kelola Keuangan di bulan Ramadan" pada hari ini, 12 Juni 2017.

Kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Home Credit dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Andina Rosfieta, Public Relation & Communications PT Home Credit Indonesia mengatakan, diskusi ini nantinya akan dilakukan berlanjut tidak hanya satu sampai dua kali saja dalam mendukung program pemerintah.

Memanfaatkan momentum Ramadan, Home Credit juga terus berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya membuat perencana keuangan yang lebih baik.

"Karena tanpa disadari, banyak dari kita yang mengalami pengeluaran yang melonjak hingga dua sampai tiga kali lipat saat bulan Ramadan," kata dia, Senin (12/6).

Lebih lanjut, Andina menjelaskan bahwa selama Ramadan, selain peningkatan harga kebutuhan pokok, banyak juga dijumpai godaan-godaan yang membuat pengeluaran cenderung meningkat.

"Hal inilah yang patut diwaspadai, karena jika tak pandai kontrol diri, maka pengeluaran selama Ramadan pun bisa melejit," ungkapnya.

Farah Dini, Pakar Konsultan Keuangan menyarankan untuk mencegah pembengkakan dana saat Ramadan bisa dimulai dengan menentukan skala prioritas dan membagi dana dalam sejumlah pos pengeluaran di bulan suci.

Misalnya, tentukan pos anggaran untuk acara berbuka bersama dengan menyiapkan anggaran maksimal selama satu bulan pengeluaran tersebut.

"Sehingga nantinya kita dapat mengontrol pengeluaran kita dan tetap terjaga sampai lebaran nanti," cetusnya.

Dengan begitu, melakukan perencanaan keuangan yang cermat menjadi kunci utama keberhasilan dalam menjaga kondisi keuangan khususnya di bulan Ramadan.

Berita ini dipublikasikan kontan.co.id dengan Judul "Trik cerdas kelola keuangan saat Ramadan"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved