Berkah Ramadan

Dipastikan Banyak yang “Nunggak” Cicilan Mobil Usai Keceriaan Lebaran

Perilaku tersebut ternyata kerap berimbas negatif bagi perusahaan pembiayaan, salah satunya yang dialami PT Astra Cedit Company

Dipastikan Banyak yang “Nunggak” Cicilan Mobil Usai Keceriaan Lebaran
THINKSTOCK.COM
Ketupat lebaran 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Musim lebaran tidak dipungkiri merupakan momen yang cukup menyedot kondisi keuangan. Bahkan, tak jarang tabungan satu tahun amblas, hanya untuk merayakan berakhirnya bulan Ramadan tesebut.

Perilaku tersebut ternyata kerap berimbas negatif bagi perusahaan pembiayaan, salah satunya yang dialami PT Astra Cedit Company (ACC). Mereka mengaku ada banyak debiturnya menunggak, atau telat melakukan pembayaran, pasca-Lebaran.

“Setelah lebaran selalu naik default-nya dan data tersebut tidak bohong. Tentu saja logikanya sangat jelas, di mana saat lebaran orang habis-habisan, uangnya terpakai dan pasti mereka telat bayar,” ujar Jodjana Jody, Chief Executive Officer ACC, Selasa (14/6/2017).

Untuk kembali memperbaiki kualitas cicilannya, Jody mengatakan, salah satu cara yang dilakukan ACC biasanya memberikan “Diskon Penalty/Penalty Amnesty”. Keringanan denda tunggakan tersebut, merangsang pada debitur untuk mau kembali membayar.

“Kami memiliki bermacam-macam trik di lapangan, tapi biasanya kami berikan diskon penalty. Jadi kalau ada orang yang abis lebaran pembayarannya kacau, dan tidak nunggak lagi, akan diberikan keringanan seperti itu, atau jenis lainnya,” tutur Jody.

“Itu sudah pengalaman kami, di mana habis lebaran pasti loyo dan kebanyakan orang tidak bayar karena habis untuk konsumsi. Baru kemudian akan membaik lagi mungkin pada Agustus mendatang,” ucap Jody.

Berita ini dipublikasikan kompas.com dengan Judul "Pasca-Lebaran, Banyak yang “Nunggak” Cicilan Mobil"

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help