Berita Banjarmasin

Tak Lolos SBMPTN, Sebanyak 28.434 Calon Mahasiswa Gagal ke ULM

Peminat mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hampir 31.000 orang.

Tak Lolos SBMPTN, Sebanyak 28.434 Calon Mahasiswa Gagal ke ULM
Halaman 13 Harian Banjarmasin Post Edisi Cetak Rabu (14/6/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Peminat mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hampir 31.000 orang.

Namun yang dinyatakan lulus sebanyak 2.568 orang. Artinya, ada sebanyak 28.434 pendaftar yang terdepak dan dinyatakan tidak lolos ikuti SBMPTN.

Kemarin, Selasa (13/6/2017), pengumuman dilakukan secara online. Terpantau, meski secara online, warga masih ada yang mengecek melalui papan pengumuman di kampus ULM di Kayutangi, Banjarmasin.

Salah satunya adalah Raudhatul Jannah. Begitu melihat dan mencocokkan namanya, dia semringan sebab dinyatakan lulus di pilihan kedua. "Ahamdulilah saya lulus di Jurusan Manajemen. Tadinya jurusan pertama saya di Ilmu Pemerintahan. Saya tak menyangka bisa lolos seleksi," kata alumnus MAN Tanahbumbu tersebut.

Ditemani ibunya, Hj Jamiah, dia sangat senang. "Saya berdoa dan anak saya memang prestasi empat besar IPS di Tanahbumbu. Anak saya ini diterima di ULM. Syukurlah," kata dia.

Senada dengan Maria Cahtrina Maharani Putri yang mengaku sempat deg-degan saat mau lihat pengumuman. Ternyata lulus. "Kesuksesan ini menurut saya berkat bimbingan Tuhan, doa orangtua dan bimbingan guru. Perasaan saya tentu saja senang," kata peraih nilai UN IPS ke 2 tingkat provinsi jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) tersebut.

Jika ada yang senang, ada yang bersedih. Hanis salah satunya yang tidak lulus. "Ya bagaimana pun sudah berusaha. Nant dipikirkan lagi bersama orangtua, mau daftar kuliah di mana atau daftar melalui jalur mandiri," kata Hanis lesu.

Di ULM, pendaftar tersebar di 61 program studi. Fakultas paling banyak menerima mahasiswa adalah FKIP dengan jumlahnya 850 orang. Sedangkan prodi yang paling banyak di FKIP adalah PGSD, jumlah 107 mahasiswa.

“Fakuktas terbanyak kedua adalah Fakuktas Pertanian (Faperta) sebanyak 251 orang dengan Jurusan Agrobisnis terbanyak dan Agroekonomi dan Teknologi. Terbanyak ketiga, Faklutas Perikanan dan Kelautan dengan jumlah mahasiswa baru sebanyak 231 orang. Prodi paling banyak di Faperta adalah Agrobisnis dan Agroekonomi dan Teknologi," sebut Ketua Panlok 75 SBMPTN 2017, Prof Alim Bachri, Selasa (13/6).

Sedangkan terbanyak keempat adalah Fakultas Kedokteran sebanyak 227 orang. Fakultas ini terdiri dari empat prodi, yakni Keperawatan, Kesmas, Dokter Umum dan Psikologi. Psikologi adalah prodi yang paling banyak menerima mahasiswa baru, yakni sebanyak 69 orang.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help