Berkah Ramadan

Begini Kata Ahli Gizi Cara Cerdas Memilih Makanan

- Syarat makanan adalah harus sehat, bersih, memenuhi kebutuhan gizi, aman dari kotoran dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Begini Kata Ahli Gizi Cara Cerdas Memilih Makanan
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Syarat makanan adalah harus sehat, bersih, memenuhi kebutuhan gizi, aman dari kotoran dan tidak mengandung bahan berbahaya.

Pada bahan yang berbahaya kita harus memperhatikan, apakah bercampur rambut, tanah, karet dan lainnya.

Wahyu Hardi Prasetiyo
Wahyu Hardi Prasetiyo (Istimewa)

Pada kimia yang harus kita perhatikan adalah tidak boleh ditambahkan borax, pewarna textil, formalin.

Sedangkan pada biologis adalah disebabkan bakteri (biasanya akibat kesalahan saat pemasakan, penyimpanan) atau binatang.

Pada bulan puasa ini kita mesti cerdas memilih makanan untuk menu berbuka maupun bersahur, agar terhindar bahan makanan tambahan berupa pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap rasa.

Sudah tepat Depkes mengeluarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 722/Menkes/Per/IX/88 tentang bahan tambahan terlarang dan berbahaya.

Pewarna makanan diberikan pada makanan agar telihat menarik dan menggugah selera. Pada pewarna buatan; tartazin (kuning), amaranth (merah), sunset yellow (orange), brilliant blue FCF (biru): alami caramel, klorofil (daun suji-hijau), kurkumin (kuning-kunyit), coklat (buah coklat), kuning merah (wortel), merah coklat (daun jati).

Kelebihan pewarna di atas, aman dikonsumsi dan menghasilkan aroma yang enak dan khas. Sedangkan kekurangannya adalah pilihan warna terbatas dan warnannya tidak tajam seperti pewarna sintetis, serta tidak praktis.

Pemanis buatan yaitu aspartam, pengawet, misalnya natrium. Penyedap rasa yaitu MSG. Pengenyal makanan; gelatin dan karagenan. Penambahan ini boleh dilakukan tapi kita harus memperhatikan dosis yang dianjurkan.

Borak digunakan mengenyalkan makanan (bakso, mi), formalin untuk mengawetkan bahan makanan (bakso, mie , ikan), rhodamin B sebagai pewarna tekstil warna merah digunakan untukn saos tomat, saos sambel, kerupuk.

Halaman
12
Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help